Minggu, 28 November 21

Bantuan Traktor Kepada Petani di Subang Libatkan TNI

Bantuan Traktor Kepada Petani di Subang Libatkan TNI
* Komandan Kodim 0605 Subang Letkol Arm Sasongko (kiri) saat menyerahkan Bantuan Traktor kepada Kelompok Tani di Subang

Subang, Obsessionnews – Bantuan Presiden RI berupa traktor kepada petani di Subang melibatkan aparat TNI. Hari ini, petani Subang mendapatkan penyaluran traktor yang dibagikan kepada 42 kelompok tani. Penyaluran traktor kepada petani tersebut berupa 32 traktor dan 10 unit pompa air yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN).

Penyerahan secara simbolis dilakukan Komandan Kodim 0605/Subang Letkol Arm Yani Ari Sasongko yang didampingi oleh Kepala Sumber Daya Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kab Subang, Hendrawan di Aula Kantor Dinas Pertanian, Selasa (7/4/2015).

Menurut Komamdan Kodim (Dandim), Letkol Yani Ari, peran TNI dalam mendorong swasembada pangan menjadi bagian peran TNI dalam membantu pemerintah. Khususnya dalam ketahanan pangan telah dituangkan dalam Nota Kesepehaman bersama Pemerintah sampai ke tingkat daerah. “Maka kesempatan ini perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh petani maupun anggota TNI sebagai pengabdian kepada negara,” ujarnya.

Penyaluran alat pertanian tersebut merupakan realisasi Program Pemerintah RI dalam rangka mencetak lahan pertanian sawah untuk mempercepat pola tanam sesuai target pemerintah dalam swasembada Beras yang menjadi target Pemerintah Indonesia.

Kepala Bidang Sumber Daya Dinas Pertanian Kab Subang, Hendrawan mengatakan bahwa bantuan harus bisa digunakan sebaik mungkin sesuai dengan tujuan pemerintah, yaitu dalam rangka Swasembada Beras sebagaimana yang telah disampaikan oleh Presiden RI pada 2014 lalu. “Bantuan ini harus bisa dipertanggungjawabkan dengan baik oleh para penerima manfaat. Harus tepat guna, tepat waktu dan tepat sasaran,” tegas Hendrawan.

Menurut salah satu penerima bantuan yaitu Ketua Kelompok tani Rengasari Anggasari Kec Sukasari, Muhtar Raharja mengatakan bahwa bantuan tersebut akan dimanfaatkan seoptimal mungkin sesuai dengan niat pemerintah dalam swasembada pangan. Khususnya meningkatkan kesejahteraan petani dengan meningkatnya produksi pertanian.

”Bantuan ieu Insya Allah bade dimanfaatkeun luyu sareng nu dugikeun ku pamarentah. Malah taun-taun payun dina 10 musim tiasa kapeser traktor. Paling henteu nu tilas tapi sae keneh, (Akan kami manfaatkan sesuai yang disampaikan pemerintah. Diupayakan pada 10 musim mendatang bisa kebeli traktor. Walaupun yang bekas tapi bagus),” kata Muhtar. Selanjutnya dijelaskan oleh Muhtar bahwa satu traktor bisa mempercepat masa tanam 15 hektar lahan sawah dan 1 pompa air mampu mengairi 6 hektar areal sawah.

Total bantuan yang sudah dan akan diterima pada tahun 2015 sebanyak 376 unit traktor dengan rincian: 32 uni diserahkan hari ini bersumber dari APBN, 55 unit kontingensi diserahkan oleh presiden, 80 unit merupakan bantuan Gubernur Jawa Barat dan 204 dari APBN Perubahan 2015. (Teddy Widara)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.