Jumat, 26 April 24

Bantu Pengungsi Palestina dan Suriah, Pramuka Tembus Tiga Lokasi

Bantu Pengungsi Palestina dan Suriah, Pramuka Tembus Tiga Lokasi
* Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Eko Sulistio tengah memberikan bantuan kemanusiaan kepada pengungsi Suriah dan Palestina di Yordania. Foto/ Humas Kwarnas.

Yordania, Obsessionnews.com – Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Urusan Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana (Abdimasgana) Eko Sulistio telah mendistribusikan bantuan untuk para pengungsi Suriah dan Palestina yang berada di Yordania. Distribusi bantuan yang dilakukan Eko itu menembus tiga lokasi.

Pertama, bantuan disalurkan bersama Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (HPMI) di Yordania untuk para pengungsi Suriah di kamp-kamp Albayt, Provinsi Mafraq, Yordania. Di sana, Eko memberikan bantuan kepada 200 kepala keluarga.

Kedua, distribusi bantuan beralih ke daerah Almasrouf, yakni daerah yang berbatasan langsung dengan Suriah. Wilayah perbatasan hanya berjarak 5 KM atau 10 menit bila ditempuh dengan berjalan kaki. Di sana Eko memberikan bantuan kepada 100 kepala keluarga pengungsi Suriah.

“Di daerah Almasrouf kamp-kamp pengungsi Suriah memang tersebar luas di tenda-tenda. Lebih dari 100 famil tingal di situ, di atas pandang gurun yang gersang,” ujar Eko Sabtu, (27/1/2018).

Ketiga, bantuan menembus kamp-kamp pengungsi Palestina yang berada di Jaresh, Yordania. Meski awalnya sempat kesulitan mengurus perizinan, namun akhirnya bantuan kemanusiaan bisa didistribusikan kepada para pengungsi untuk 100 kepala keluarga.

“Di wilayah perbatasan pasti keamanan sangat ketat. Terlebih kita tahu konflik di Suriah dan Palestina sudah bertahun-tahun tidak kunjung selesai. Makanya kami selalu melakukan koordinasi dengan KBRI di Yordania,” jelasnya.

Para pengungsi mendapatkan bantuan berupa satu ekor domba untuk disembelih, 500 bungkus roti gandum, 50 paket sembako berupa beras, gula, teh, mi instan, kacang-kacangan, dan minyak goreng. Tak hanya sembako, para pengungsi juga mendapatkan keperluan bayi yaitu popok bayi, susu balita, biskuit, susu kotak, dan cokelat.

Eko berada di Yordania sampai akhir Januari 2018 dalam rangka misi kemanusiaan Pramuka untuk Palestina dan Suriah dalam Program Musim Dingin 2018. Ia menambahkan, suhu dingin yang terkadang mencapai 0° celsius juga banyak memengaruhi kinerja para relawan dalam mendistribusikan bantuan. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.