Kamis, 25 April 24

Bantu Pendidikan di Masa Pandemi, STMIK Horizon Karawang Potong Biaya Kuliah 50%

Bantu Pendidikan di Masa Pandemi, STMIK Horizon Karawang Potong Biaya Kuliah 50%
* Ilustrasi pendidikan di STMIK Horizon Karawang. (Foto: Ist)

Jakarta, obsessionnews.com – Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir tak dapat dipungkiri berimbas pada perekonomian masyarakat. Keadaan tersebut dapat saja memupuskan mimpi anak bangsa untuk mengenyam pendidikan berkualitas.

Memahami kendala finansial yang dialami masyarakat akibat dari keadaan tersebut, Horizon Karawang siap mengulurkan tangan bagi para calon mahasiswa lewat Beasiswa Keluarga Horizon.

ILO’s programme officer for youth employment Tendy Gunawan menyatakan, krisis Covid-19 memiliki dampak yang buruk bagi kaum muda, bukan hanya bagi pekerjaan dan prospek di pasar kerja, namun juga pendidikan dan pelatihan mereka.

“Sebagai perwujudan kepedulian terhadap masyarakat, Beasiswa Keluarga Horizon yang diberikan untuk calon mahasiswa STMIK Horizon Karawang berupa potongan biaya kuliah dan uang SKS sebesar 50% hingga lulus baik untuk program studi D3 maupun S1,” ujar Tendy dalam keterangan tertulisnya, Kamis (2/9/2021).

Dia mengungkapkan, kendala finansial yang dialami kaum muda Indonesia tersebut juga tergambar dalam survei yang dilakukan oleh ILO (International Labour Organization) terhadap 163 responden, mayoritas (51.5 persen) menyatakan tidak percaya diri terhadap skill yang mereka miliki untuk mendapatkan pekerjaan.

Akibat pandemi, banyak lulusan SMA dan SMK yang memutuskan untuk mencari kerja atau memulai usaha sendiri demi membantu perekonomian keluarga. Padahal sebenarnya pendidikan tinggi adalah jalan untuk mendapatkan kesempatan yang lebih baik.

“Maka harus ada kepedulian dari semua pihak agar cita-cita anak bangsa tidak harus tergerus dampak ekonomi akibat pandemi,” ucap Tendy.

Sementara itu, Ketua STMIK Horizon Karawang Rolles Herwin mengatakan, Pandemi Covid-19 tentunya berdampak pada banyak sektor dan berimbas pada melemahnya pendapatan masyarakat.

“Hal ini tentu saja akan berdampak pada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, namun terganjal faktor ekonomi dan biaya,” ujar Rolles.

Untuk itu telah disiapkan sejumlah slot Beasiswa Keluarga Horizon bagi calon mahasiswa yang mendaftar di STMIK Horizon Karawang agar para calon mahasiswa tak harus memendam cita-citanya lantaran kondisi pandemi yang turut menggerogoti kemampuan finansial keluarga.

“Sebagai bentuk dukungan, semangat, dan kepedulian bagi dunia pendidikan, Yayasan Triputra Persada Horizon melalui STMIK Horizon Karawang akan memberikan beasiswa pendidikan sebesar 50% bagi 100 mahasiswa terpilih,” tambah Rolles.

STMIK Horizon Karawang sendiri menyediakan program studi S1 Informatika, S1 Sistem Informasi, D3 Sistem Informasi, dan D3 Sistem Informasi Akuntansi yang sudah mendapatkan akreditasi BAIK dari BAN-PT.

Untuk memastikan agar cita-cita para mahasiswa tidak kandas di tengah jalan, Beasiswa Keluarga Horizon kepada mahasiswa STMIK Horizon Karawang berupa potongan biaya kuliah dan uang SKS sebesar 50% tersebut akan diberikan sepanjang masa kuliah. Yaitu selama 3 tahun untuk mahasiswa D3 dan selama 4 tahun untuk mahasiswa S1.

Cara untuk mendapatkan Beasiswa Keluarga Horizon ini juga cukup mudah. Para calon mahasiswa hanya perlu mendaftar di STMIK Horizon Karawang. Setelah melakukan pendaftaran secara gratis, para mahasiswa yang meminati Beasiswa Keluarga Horison hanya cukup mengisi form saja.

Peraturan untuk mendapatkan beasiswa Keluarga Horizon yang dibuat sesederhana mungkin ini memang sesuai dengan filosofi yang dianut oleh Horizon Education Karawang sebagai induk dari STMIK Horizon Karawang yang berkomitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi kalangan menengah ke bawah.

Di mana jika pada umumnya di kampus-kampus lain beasiswa diutamakan bagi mereka yang breprestasi baik akademik maupun non-akademik, Horizon Education memahami bahwa calon mahasiswa yang datang dari kalangan ekonomi lemah tak hanya bergelut dengan masalah akademik namun juga harus berjuang dengan banyak hal hanya untuk tetap bersekolah. Maka sejauh memiliki komitmen untuk mengejar cita-cita kehidupan yang lebih baik, beasiswa Keluarga Horizon disediakan sebagai uluran tangan bagi mereka.

“Semoga generasi muda para calon mahasiswa di Karawang dan sekitarnya dapat memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk bergabung bersama STMIK Horizon Karawang yang didukung dengan kurikulum unggulan, kaitan erat dengan dunia industri dari Triputra dan Persada Grup, serta afiliasi global dengan kampus-kampus di luar negeri dengan biaya terjangkau,” pungkas Rolles. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.