Minggu, 24 Maret 19

Bank Mandiri dan Taspen Beri Suntikan Dana Rp500 Miliar untuk Bank Mantap

Bank Mandiri dan Taspen Beri Suntikan Dana Rp500 Miliar untuk Bank Mantap
* Mandiri Taspen.

Jakarta, Obsessionnews.com – Untuk memperkuat struktur permodalan, PT Bank Mandiri Tbk dan PT Taspen menyuntikkan penambahan modal Rp500 miliar bagi Bank Mandiri Taspen atau dikenal dengan Bank Mantap.

Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri Sulaiman A. Arianto menjelaskan, langkah ini diambil guna mengimbangi pesatnya pertumbuhan bisnis Bank Mantap.

Pasalnya, pertumbuhan aset Bank Mantap di 2017, tercatat mencapai 85 persen year-on-year, di mana aspek risiko pun terjaga dengan kredit macet (non performing loan/NPL) di bawah 0,7 persen.

“Penguatan modal ini dapat meningkatkan size Bank Mantap, yang saat ini masuk ke bank BUKU II. Peningkatan ini dapat mendorong Bank Mantap mengoptimalkan potensi pasar yang masih sangat besar, sehingga mampu mendorong bisnis perseroan,” kata Sulaiman di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (18/12/2018)

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Taspen, Iqbal Latanro menegaskan, penambahan modal Taspen kepada Bank Mantap ini, merupakan upaya membesarkan Bank Mantap, untuk menjadi bank berskala nasional dan menjadi ‘The Best Pension Bank’ di Indonesia.

“Semoga penambahan modal ini bisa meningkatkan kesejahteraan ASN (aparatur sipil negara) melalui program pembiayaan perumahan untuk ASN, dan kredit pensiunan sampai usia 75 tahun oleh Bank Mantap,” ujar Iqbal.

Di sisi lain, Direktur Utama Bank Mantap, Josephus K. Triprakoso menjabarkan, penyuntikkan modal ini merupakan indikator bahwa perusahaan induk percaya terhadap kinerja dan layanan Bank Mantap.

”Dengan penambahan modal ini, CAR (rasio kecukupan modal) Bank Mantap mencapai 19,83 persen dan dapat mendukung ekspansi bisnis di sektor layanan digital, serta penambahan jaringan kantor di tahun 2019,” ujarnya.

Dengan demikian, komposisi kepemilikan di Bank Mantap berubah menjadi 51,077 persen kepemilikan Bank Mandiri, dan 48,416 persen kepemilikan Taspen. Perubahan komposisi ini diharapkan dapat memperkuat komitmen dari Pemegang Saham Pengendali (PSP) untuk terus memajukan Bank Mantap.

Diketahui, Bank Mantap merupakan bank hasil patungan Bank Mandiri dan Taspen, yang sebelumnya bernama Bank Sinar Harapan Bali hingga berubah nama menjadi Bank Mandiri Taspen per tanggal 23 Desember 2017, seiring dengan keluarnya izin dari Otoritas Jasa Keuangan.

Sampai Oktober 2018, total Aset Bank Mantap mencapai Rp18,56 triliun, atau tumbuh sekitar 45,8 persen year-on-year. Sampai Oktober 2018, Bank Mantap tercatat telah menyalurkan kredit sebesar Rp14,76 triliun atau meningkat sampai 53,5 persen.

Khusus untuk kredit pensiunan, Bank Mantap telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp13,20 triliun dengan persentase tumbuh 75,7 persen. Saat ini, Bank Mantap sudah memiliki jaringan kantor sebanyak 220 jaringan, yang tersebar di 28 provinsi. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.