Selasa, 30 April 24

Bank Indonesia dan Peruri Beri Pemahaman kepada Masyarakat Soal Rupiah Lewat FERBI 2023

Bank Indonesia dan Peruri Beri Pemahaman kepada Masyarakat Soal Rupiah Lewat FERBI 2023
* Acara Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023. (Foto: Peruri)

Obsessionnews.com – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, Bank Indonesia menggelar Festival Rupiah Berdaulat Indonesia (FERBI) 2023. Acara yang berlangsung dari 18 hingga 20 Agustus di Istora Senayan-GBK Jakarta ini dihadiri oleh ribuan pengunjung yang antusias. Dengan tema ’Persatuan dalam Keberagaman – Cinta Rupiah Cinta NKRI’, festival ini menjadi wadah untuk merayakan semangat persatuan dan cinta terhadap mata uang nasional.

Sebagai mitra strategis Bank Indonesia dalam mencetak mata uang Rupiah, Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) turut berperan aktif dalam acara tersebut. Peruri, sebagai satu-satunya entitas yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mencetak uang Rupiah, memamerkan uang specimen (housenote) dan berbagai produk security printing lainnya seperti buku paspor, pita cukai, meterai tempel, prangko, dan dokumen pertanahan.

Salah satu sorotan utama dari partisipasi Peruri adalah upaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai proses pembuatan uang Rupiah dan produk security printing. Pengunjung booth Peruri mendapatkan kesempatan untuk memahami secara langsung bagaimana proses pembuatan uang Rupiah dan produk keamanan lainnya. Produk-produk ini memiliki fitur-fitur keamanan tingkat tinggi yang membuatnya sulit diduplikasi atau dipalsukan oleh pihak manapun.

Dalam upaya memberikan pengalaman unik kepada pengunjung, Peruri memanfaatkan teknologi Virtual Reality (VR) untuk menyajikan gambaran umum tentang proses pencetakan uang Rupiah. Dengan teknologi ini, para pengunjung dapat merasakan atmosfer produksi uang Rupiah seolah berada di area produksi Peruri.

Tidak hanya itu, keberhasilan Peruri dalam mencetak Uang Rupiah Tahun Emisi (TE) 2022 juga menjadi sorotan. Uang tersebut sebelumnya meraih penghargaan sebagai Best New Banknote Series oleh International Association of Currency Affairs (IACA) dalam acara yang diadakan di Meksiko. Terdapat tiga aspek utama yang membuat Uang Rupiah TE 2022 layak mendapatkan penghargaan tersebut: penguatan desain untuk memudahkan pengenalan, penguatan unsur keamanan untuk mencegah pemalsuan, dan peningkatan ketahanan bahan uang.

“Sebelumnya kami sampaikan terima kasih kepada Bank Indonesia yang sudah melibatkan Peruri dalam gelaran FERBI 2023 dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang nilai-nilai positif yang terkandung dalam uang rupiah. Peruri sebagai perusahaan penjamin keaslian berkomitmen memberikan hasil cetakan uang rupiah yang berkualitas dengan tingkat keamanan paling tinggi, untuk menjaga simbol kedaulatan negara dari upaya pemalsuan,” ujar Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya dalam keterangan tertulisnya, dikutip obsessionnews.com, Selasa (22/8/2023).

Di kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menambahkan, penyelenggaraan FERBI 2023 secara umum untuk menumbuhkan rasa cinta, bangga dan paham terhadap rupiah, di mana rupiah merupakan Jendela Indonesia dan pentingnya peran mata uang nasional dalam memperkokoh semangat nasionalis.

“Tujuan dari FERBI adalah untuk memaknai Rupiah sebagai simbol kedaulatan RI. Makanya kami lakukan setiap proklamasi kemerdekaan,” ujar Perry.

Uang Rupiah sebagai simbol kedaulatan yang sarat sejarah, menjadi representasi persatuan bangsa dari keberagaman. Bukan hanya desainnya yang mencerminkan keragaman Nusantara, esensi Uang Rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di NKRI dapat mendorong rasa nasionalisme. Hal itu perlu dimaknai oleh masyarakat untuk menumbuhkan semangat kebangsaan.

FERBI 2023 turut menampilkan Dialog Kebangsaan dan Bincang Milenial yang menghadirkan keluarga pahlawan dan tokoh inspiratif, pameran uang rupiah dalam sejarah Indonesia, layanan penukaran uang Rupiah dan penjualan uang rupiah khusus serta penjualan uang kuno (numismatik).

Festival Rupiah Berdaulat Indonesia 2023 tidak hanya menjadi perayaan Hari Kemerdekaan, tetapi juga menjadi momentum untuk mengapresiasi upaya Peruri dan Bank Indonesia dalam menjaga integritas mata uang nasional serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya keamanan dan keberlanjutan mata uang Rupiah. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.