Rabu, 29 September 21

Bank BTN Layani Transaksi Pendaftaran dan Iuran BPJS

Bank BTN Layani Transaksi Pendaftaran dan Iuran BPJS

Jakarta – Mulai hari ini, Kamis 4 Juni 2015, seluruh kantor layanan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk dapat melayani masyarakat yang akan melakukan transaksi pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan. Ini merupakan tindak lanjut dari MOU dan PKS yang telah dilakukan antara Bank BTN dan BPJS Ketenagakerjaan beberapa waktu lalu.

Bank BTN merupakan salah satu bank yang dapat menerima transaksi terkait dengan iuran BPJS. Demikian Irman Alvian Zahiruddin, Direktur Bank BTN menjelaskan usai launching go live transaksi layanan BPJS melalui Bank BTN di Jakarta, Kamis 4 Juni 2015.

Irman menambahkan, transaksi pendaftaran maupun pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan di seluruh kantor layanan Bank BTN. Menurutnya, transaksi itu dapat dilakukan baik atas nama institusi atau korporasi maupun individu.

“Kami akan terus melakukan pengembangan atas kerjasama ini dengan menyiapkan chanel layanan yang dapat menjadi alternatif layanan dalam bertransaksi terkait BPJS baik untuk keperluan korporasi maupun individu,” jelasnya.

Pengembangan chanel itu antara lain :

a.    Layanan Korporasi: internet banking/cash management.
b.    Layanan Individu  : autodebet, ATM, sms/mobile banking, loket Kantor Pos, internet banking individu.

bank-btn

Menurut Irman, Bank BTN menargetkan akan dapat memberikan pelayanan transaksi tersebut bagi lebih dari 90% mitra kerjanya yang meliputi pengembang, notaries, pengusaha kecil dan menengah serta mitra kerja lain yang selama ini menjalankan bisnis bersama Bank BTN. Disamping itu, layanan akan dikembangkan untuk mengajak masyarakat umum di sekitar area kantor Bank BTN dalam memanfaatkan fasilitas untuk transaksi terkait iuran BPJS tersebut.

“Kami akan terus kembangkan fasilitas chanelnya untuk mendapatkan nasabah yang sudah ada maupun nasabah baru untuk menggunakan Bank BTN sebagai bank transaksi. Seluruh jenis iuran BPJS Ketenagakerjaan dapat dilayani secara online real time di seluruh loket  Bank BTN,” paparnya.

Kerjasama antara Bank BTN dengan BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan pengembangan dari kerjasama yang sudah ada sebelumnya yang meliputi :

a.    Penempatan dana,
b.    Program Pengembangan Operasional,
c.    Penyaluran Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank (PUMP KB),
d.    Housing Benefit, perumahan bagi pekerja

Direktur Bank BTN Adi Setiyanto, Direktur Kepesertaan & Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan Junaedi, Direktur Bank BTN Sis Apik Wijayanto, Direktur Bank BTN Irman Alvian Zahiruddin dan Direktur Bank BTN Iman Nugroho Soeko (kiri kekanan) berjabat tangan disela acara Go Live layanan pendaftaran & penerimaan BPJS ketenagakerjaan di Jakarta, Kamis (4/6). Bank BTN menargetkan akan dapat memberikan pelayanan transaksi tersebut lebih dari 90% mitra kerjanya yang meliputi pengembang, notaries, pengusaha kecil dan menegah serta mitra kerja yang selama ini menjalankan bisnis bersama Bank BTN. (SK/Hedi Suryono)
Direktur Bank BTN Adi Setiyanto, Direktur Kepesertaan & Hubungan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan Junaedi, Direktur Bank BTN Sis Apik Wijayanto, Direktur Bank BTN Irman Alvian Zahiruddin dan Direktur Bank BTN Iman Nugroho Soeko (kiri kekanan) berjabat tangan disela acara Go Live layanan pendaftaran & penerimaan BPJS ketenagakerjaan di Jakarta, Kamis (4/6). Bank BTN menargetkan akan dapat memberikan pelayanan transaksi tersebut lebih dari 90% mitra kerjanya yang meliputi pengembang, notaris, pengusaha kecil dan menegah serta mitra kerja yang selama ini menjalankan bisnis bersama Bank BTN. (SK/Hedi Suryono)

Irman berharap, ke depan dapat dikembangkan model bisnis yang lebih banyak dan bervareatif yang menguntungkan kedua belah pihak. “Kami juga mengharapkan BPJS dapat melakukan penempatan dana dalam porsi yang maksimal sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku, terutama utuk mendukung  program pemerintah dalam pembiayaan Sejuta Rumah untuk Rakyat,” tandasnya.

Kerja sama Bank BTN dengan BPJS Ketenagakerjaan (dahulu PT Jamsostek) dimulai sejak tahun 2006 melalui produk Kredit Pemilikan Rumah Sederhana Sehat Jamsostek (KPRSHJ), Kredit Pemilikan Rumah Jamsostek (KPRJ), Kredit Konstruksi Jamsostek (KKJ).

Pada tahun 2008, kerja sama tersebut berkembang dengan produk Pinjaman Uang Muka (PUM) atau PUMP-KB Jamsostek (Pinjaman Uang Muka Perumahan – Kerjasama Bank Jamsostek) dengan  realisasi pembiayaan sampai dengan Maret 2015 sebanyak 28.969 unit rumah dengan jumlah penyaluran sebesar Rp541,2  Miliar.

Program tersebut masih berlanjut hingga sekarang dengan nama PUMP-KB BPJS Ketenagakerjaan, yang khusus diberikan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memerlukan tambahan dana untuk pembayaran uang muka rumah.

bank-btn2

Disamping itu, lanjutnya, kerjasama tersebut dikembangkan untuk pembiayaan renovasi rumah bagi pekerja dengan produk Pinjaman Renovasi Rumah (PRR) dengan total realisasi sampai dengan Maret 2015 sebanyak 3.754 unit dengan nilai kredit sebesar Rp141,9 Miliar.

Terdapat pula kerja sama berupa Program Perumahan Pekerja (Housing Benefit) bertujuan memberikan fasilitas perumahan kepada para pekerja perusahaan yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Pada tahun 2014 telah dilakukan Proyek Housing Benefit yang sudah dilakukan di Serang, dimana ini merupakan proyek ke-2 setelah Karawang, Jawa Barat.

Adapun total Housing Benefid yang telah dikerjasamakan berlokasi di Serang, Karawang, Banjarmasin, Bekasi, Bogor, Tangerang, Sumedang. Saat ini sedang dalam proses PKS sebanyak 4 lokasi diantaranya akan dibangun di Bekasi, Banjarmasin dan Sukabumi dengan total rumah sebanyak 8.000 unit.

Irman optimis  dapat merealisasi program satu juta rumah. Ini adalah  komitmen Bank BTN, sebagai bank milik negara, memberikan dukungan bagi suksesnya program pemerintah sekaligus mewujudkan hak asasi seluruh warga negara Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pokoknya akan sebuah  rumah yang layak dengan cara mudah, cepat dan murah, tegasnya. (Lubis)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.