Minggu, 20 Oktober 19

Banjir dan Longsor Ancam Daerah Sumbar

Banjir dan Longsor Ancam Daerah Sumbar
* Ilustrasi daerah yang longsor.

Padang, Obsessionnws.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) siap mendistribusikan logistik ke daerah bencana bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

Logistik yang tersedia dan siap didistribusikan berupa makanan siap saji, makanan tambahan gizi, selimut, pakaian, kain sarung, kompor, tenda dan alat penerang.

“Di gudang logistik sudah kita siapkan untuk didistribusikan bila sewaktu-waktu dibutuhkan,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Povinsi Sumbar Pagar Negara kepada obsessionnews.com, Selasa (6/12/2016) siang.

Ia mengatakan, apabila logistik yang ada masih kurang, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) siap mengirim jika masih dibutuhkan.

“Warga yang terkena bencana tidak perlu khawatir kekurangan logistik, karena BNPB siap membantu jika masih dibutuhkan,” ujarnya.

Cuaca ekstrim yang terjadi dalam minggu ini, menyebabkan banjir dan longsor di sejumlah wilayah di Sumbar. Longsor terjadi di jalur lintas Sicincin-Malalak dan Palupuh, Kabupaten Agam.

Sedangkan banjir menggenangi sejumlah kecamatan di dua kabupaten di Sumbar, yaitu Pasaman dan Pasaman Barat (Pasbar).

Di Pasaman, banjir terjadi di Kecamatan Duo Koto. Arus lalu lintas dari Pasaman menuju Pasbar sempat terputus selama dua jama akibat ketinggian air mencapai setinggi dada orang dewasa.

Banjir di Pasbar merendam empat kecamatan yaitu di Sinuruik, Sungai Janiah Kecamatan Talamau, Du­sun Tanjung Harapan Jorong Koto Sawah Kecamatan Lembah Melintang, Rabi Jonggor Keca­matan Gunung Tuleh dan Labuah Luruih Batang Saman Kecamatan Pasaman

Banjir yang terjadi di daerah itu, merendam 195 rumah warga berikut 156 hektar lahan pertanian.

Pagar Negara mengatakan, petugas BPBD di langana tengah melakukan pendataan.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) potensi hujan di wilayah Sumbar terjadi hingga pertengahan Januari 2017. Selama cuaca ektrim, petugas BDBD selalu siap siaga, sebagai antipisasi apabila terjadi bencana banjir dan longsor, bisa segera diatasi. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.