Rabu, 17 Juli 19

Bangun Tol Semarang-Batang, BCA Kucurkan Dana Rp 2 Triliun

Bangun Tol Semarang-Batang, BCA Kucurkan Dana Rp 2 Triliun
* Ilustrasi proyek pembangunan jalan tol.

Jakarta, Obsessionnews.com – Melalui anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk, yakni PT Jasamarga Semarang-Batang, PT Bank Central Asia Tbk telah menyalurkan kredit sindikasi sebesar Rp 2 triliun untuk pembangunan ruas tol Semarang-Batang.

BCA, Bank Mandiri, dan CIMB Niaga bertindak selaku Joint Mandate Lead Arranger Bookrunners (JMLAB), untuk memenuhi total pembiayaan proyek ruas jalan tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer. Jumlah total plafon pembiayaan sebesar Rp 7,7  triliun.

Dalam pembiayaan ini BCA juga bertindak sebagai agen fasilitas. Ruas tol ini merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Jawa yang dibagi menjadi 5 seksi, antara lain Seksi 1 Batang-Batang Timur (3,20 km), Seksi 2 Batang Timur-Weleri (36,35 km), Seksi 3 Weleri-Kendal (11,05 km), Seksi 4 Kendal-Kaliwungu (13,50 km), dan Seksi 5 Kaliwungu-Krapyak (10,10 km).

“Melalui partisipasi BCA ini, kami berharap rencana pengembangan infrastruktur di Tanah Air dapat terealisasi sehingga dapat turut mendukung upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi nasional,” kata SVP Corporate Banking BCA Yuli Melati Suryaningrum dalam pernyataan resmi, Rabu (18/4/2018).

Pembangunan tol Batang-Semarang ini diharapkan selesai dan dapat dioperasikan pada awal tahun 2019.  BCA sendiri telah menyalurkan kredit sindikasi kepada PT Jasamarga Semarang-Batang untuk  proyek tol Batang-Semarang untuk pembiayaan dana talangan pembebasan lahan pada Maret 2017 lalu.

Bahkan pada Desember 2017, BCA juga menyalurkan kredit sindikasi kepada PT Hutama Karya untuk mengembangkan proyek jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni–Terbanggi Besar.

“Hingga saat ini, pembiayaan BCA ke sektor infrastruktur mencapai Rp 24,9 triliun, mulai dari jalan tol, kelistrikan, kereta api, bandara, infrastruktur telekomunikasi, serta air minum dan sanitasi,” sebut Yuli.

Seiring dengan upaya pemerintah mempercepat pembangunan di Tanah Air, imbuh dia, BCA memproyeksikan penyaluran kredit sindikasi akan ikut meningkat sebesar 56,2 persen di tahun 2018. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.