Jumat, 30 Oktober 20

Bangkok Membara! Massa Demonstran Bobol Pagar Istana

Bangkok Membara! Massa Demonstran Bobol Pagar Istana
* Massa demonstran bobol pagar lapangan Istana Kerajaan Thailand. (CNBC)

Bangkok membara! Massa lakukan unjuk rasa besar-besaran hingga membobol pagar lapangan Istana Kerajaan Thailand.

Para demonstran mendesak polisi agar bisa masuk ke Sanam Laung, taman di kompleks Kerajaan Thailand. Pendemo menuntut Perdana Menteri (PM) Thailand mundur.

Pengunjuk rasa pro-demokrasi duduk di depan poster dengan simbol tiga jari perlawanan selama aksi protes di Bangkok, Thailand.

Polisi menutup semua akses ke Sanam Laung. Beberapa demonstran pun makin marah, bahkan ada yang mencoba unuk memanjat pagar untuk bisa masuk ke dalam.

Mengapa terjadi aksi unjuk rasa?

Thailand memiliki sejarah panjang kerusuhan politik dan protes, tetapi gelombang baru dimulai pada Februari setelah pengadilan memerintahkan partai oposisi pro-demokrasi yang masih muda untuk dibubarkan.

Partai Maju Masa Depan (FFP) telah terbukti sangat populer di kalangan muda, pemilih pemula dan memperoleh bagian kursi parlemen terbesar ketiga dalam pemilihan Maret 2019. Sedangkan kepemimpinan militer yang sedang menjabat menjadi pemenangnya.

Protes dihidupkan kembali pada bulan Juni ketika aktivis pro-demokrasi terkemuka Wanchalearm Satsaksit hilang di Kamboja, tempat dia berada di pengasingan sejak kudeta militer 2014.

Keberadaannya tetap tidak diketahui dan pengunjuk rasa menuduh negara bagian Thailand mengatur penculikannya – tuduhan ini telah dibantah oleh polisi dan pemerintah.

Sejak Juli ada protes jalanan yang dipimpin mahasiswa secara rutin.

Para pengunjuk rasa menuntut agar pemerintah yang dipimpin oleh Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha, mantan panglima angkatan darat yang merebut kekuasaan dalam kudeta, dibubarkan; menuntut konstitusi ditulis ulang; serta meminta pihak berwenang berhenti melecehkan para kritikus. (CNBC/BBC/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.