Jumat, 10 Mei 24

Bangga Menggunakan Produk Lokal dan Merawatnya dengan Hati-hati

Bangga Menggunakan Produk Lokal dan Merawatnya dengan Hati-hati
* Chief Executive Officer (CEO) Obsession Media Group (OMG) Nurbaiti Hisyam bersama Mutiara Annisa Baswedan (putri Anies Baswedan), dan Editor-in-Chief Women’s Obsession Elly Simanjuntak di ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2024, Jumat (27-10-2023). (Foto: ES)

Obsessionnews.com – Perhelatan ajang Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 yang menampilkan koleksi tiga desainer, yaitu Angelita Nur Hadi dari brand Studio JEJE, Temma Prasetio pemilik brand Temma Prasetio, juga Maya Ratih dari Maya Ratih Indonesia, Jumat (27-10-2023). Berkolaborasi dengan Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) NTT, tampak ramai dihadiri para pecinta kain dan busana dari tenun khas Nusa Tenggara, termasuk perempuan muda yang mencintai produk lokal Mutiara Annisa Baswedan.

 

Mutiara Annisa Baswedan.

 

“Saya menyenangi wastra nusantara termasuk tenun. Itulah sebabnya, saya tertarik datang ke acara Jakarta Fashion Week 2024 yang kali ini merupakan kolaborasi tiga desainer itu diberi tajuk “Sa’o. Kebetulan saya suka memakai kain dan kebaya dari berbagai daerah di Indonesia. Kain tenun atau batik berbagai motif kerap saya gunakan ke berbagai acara termasuk untuk kegiatan sehari-hari,” ujar putri sulung Anies Baswedan dan Fery Farhati yang biasa disapa Tia ini dengan bangga.

 

 

Dia banyak belajar dari sang Ibu dalam memadupadankan kebaya dan kain pasangannya. Fery sewaktu aktif sebagai Ketua Dekranasda DKI Jakarta sering keliling ke berbagai daerah, dan Tia kerap mendapat oleh-oleh wastra nusantara, kebaya, dan produk lokal lainnya.

“Kemarin waktu ada ajang Inacraft 2023 bersama ibu, saya juga mencari dan membeli wastra nusantara termasuk tenun NTT dan kebaya karya para UMKM. Saya juga berusaha menjaga dan merawat koleksi wastra nusantara dan kebaya saya,” ujarnya dengan nada serius.

Dia selalu mengikuti tips dari sang perancang busana dan instruksi khusus dari kain batik, tenun, kebaya, atau berbagai busana koleksinya. Misalnya, untuk batik dicuci pakai tangan menggunakan lerak atau diserahkan ke tempat laundry yang memang sudah profesional menanggani koleksi busananya.

Dia melanjutkan,“Saya sangat mencintai dan selalu bangga menggunakan produk asli Indonesia. Seperti hari ini saya memakai koleksi busana dari Angelita Nur Hadi dari brand Studio JEJE yang sore ini tampil di panggung Jakarta Fashion Week 2024 bersama Temma Prasetio dan Maya Ratih.

Tia tampak menggenakan setelan motif berwarna biru berupa kemeja dengan celana panjang. Lengan kemeja agak ditarik ke atas, sehingga panjangnya jadi hanya 3 per 4. Aksesoris perak dari Studio Jeje, dia sematkan pada ikat pinggang segita hitam yang menghiasi pinggangnya.

Begitupun dari sisi urusan makeup, Tia juga senang menggunakan produk lokal. “Dari lipstik, bedak, pensil alis, eyeshadow, dan lainnya semuanya asli buatan Indonesia. Biasanya saya suka menonjolkan riasan saya di satu titik saja, yaitu lipstik yang warnanya kuat. Untuk rambut saya yang keriting saya sudah terbiasa menatanya sendiri, tanpa harus ke salon seperti pada tampilan saya sekarang ini,” tambahnya menutup pembicaraan dengan ObsessionNews.com. (Elly Simanjuntak)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.