Kamis, 23 September 21

Bandung Ujicoba CFN dan CFD, Kursi Antik Dipakai Pacaran

Bandung Ujicoba CFN dan CFD, Kursi Antik Dipakai Pacaran

Bandung, Obsessionnews – Untuk merespon keinginan warga agar adanya ruang terbuka untuk berjalan-jalan dan berkumpul, Pemerintah Kota Bandung sejak semalam, Sabtu (17/5) pukul 18.00 WIB sampai Minggu (18/5) pukul 11.00 WIB menggelar Car Free Night (CFN) dan Car Free Day (CFD).

Uji coba CFN dan CFD berlangsung di Jalan Asia Afrika Bandung. Mulai dari simpang lima sampai jalan Alun Alun Timur kendaraan bermotor dilarang melintas. “Rencananya kegiatan CFN dan CFD ini akan digelar setiap dua minggu dengan mengambil tema yang berbeda, yakni untuk malam nanti bertema Bandung baheula (tempo dulu. red), ” ujar Kang Emil sapaan akrab Walikota Bandung Ridwan Kamil, Jumat (15/5).

cfd

Tidak menutup kemungkinan untuk kegiatan CFN dan CFD dua minggu kedepan temanya berbeda. Kang Emil mengakui jika respon warga pasca kegiatan Konperensi Asia Afrika lalu cukup tinggi untuk menikmati kawasan Asia Afrika dan sekitarnya sambil jalan-jalan bersama keluarga dan sahabat berselfie ria.

Emil juga mengatakan pihaknya melakukan koordinasi dengan Polrestabes, Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan Kota Bandung karena kegiatan CFN dan CFD menutup jalan utama. “Karena bagaimanapun kendaraan yang melintasi kawasan ini harus diatur dan direkayasa agar tidak terjadi kemacetan,” tandasnya.

Beberapa trayek angkot dan Bus Damri juga mengalami perubahan jalur, seperti angkot Cipagalo-Sederhana, Gedebage-Stasion Halte serta jurusan Elang-Cicadas. Begitupun Bus Damri dan Trans Metro Bandung (TMB) jurusan Cicaheum-Cibereum akan mengalami rekayasa lalu lintas, yakni dari Simpang Lima biasanya lurus terus ke jalan Asia Afrika depan gedung merdeka. Namun sampai di depan Hotel Preanger harus berbelok ke jalan Lengkong Besar-Pungkur-Dewi Sartika-Dalem Kaum-Alun alun timur-Asia Afrika Jalan Banceu-Jalan Jendral Sudirman.

cfn2

Sementara itu menurut Kepala Dinas Pariwisata Herlan dan juga Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Riki Gustiadi beberapa tempat parkir yang bisa digunakan diantaranya Basement mesjid Raya Bandung Jabar, Kings Shoping Center, Alun-Alun Timur depan Palaguna, Dalem Kaum, Cikapundung Barat, Lengkong Kecil dan Jalan Braga Pendek.

Dari pantauan semalam, Para pengunjung cukup antusias dengan adanya CFN dan CFD ini. Tidak kurang dari 300 ribu pengunjung menyemut dikawasan Asia Afrika tersebut. Sesekali terdengar pengumuman dari petugas Polrestabes Bandung melalui pengeras suara “Ibu-ibu, bapak-bapak para pengunjung agar tetap berhati-hati terhadap barang bawaannya, hati-hati agar tidak kecopetan.”

Namun demikian, banyak pengunjung juga menggerutu tidak kebagian duduk di kursi antik, karena kursi antik digunakan banyak pasangan untuk berpacaran dan berlama-lama duduk di kursi tersebut. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.