Rabu, 20 Oktober 21

Bandung Kota Aman Berlalu Lintas Versi Bloomberg

Bandung Kota Aman Berlalu Lintas Versi Bloomberg
* Acara "Bandung Menjawab" di Ruang Media, Bandung, Kamis (17/03/16).

Bandung,  Obsessionnews – Bandung menjadi salah satu dari sepuluh kota di dunia yang terpilih sebagai percontohan kota di dunia yang aman berlalu lintas dalam program Bloomberg Initiative for Global Road Safety.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Perencanaan Tata Ruang dan Sarana Prasarana Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bandung, Anton Sunarwibowo, saat Bandung Menjawab di Ruang Media, Jl. Wastukancana, Kamis (17/3/2016).

Anton menyampaikan, program yang diusung oleh Bloomberg Philanthropies ini menggunakan tahap seleksi yang diikuti oleh 20 kota di dunia. Program tersebut berbentuk pemberdayaan pemerintah kota untuk mengangkat isu tentang keselamatan di jalan raya.

“Kami dari Bappeda waktu itu mengajukan proposal ke Bloomberg dan alhamdulillah terpilih menjadi salah satu kota percontohan dari Bloomberg Philanthropies untuk melakukan perbaikan dengan target jumlah kecelakaan di jalan raya menurun,” ujarnya.

Anton mengatakan, dalam program tersebut Bappeda bekerjasama dengan hampir semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung seperti Diskominfo, Dishub dan Dinas Bina Marga.

Ia  menjelaskan, sudah dibentuk tim pokja keselamatan jalan raya yang juga bekerjasama dengan pihak kepolisian.

“Setelah mempelajari isu tentang keselamatan jalan raya, kami membentuk tim yang tidak hanya terkait dengan pemerintah kota, tetapi juga dengan Polrestabes  Bandung dalam hal ini, Satlantasnya yang akan banyak berkoordinasi,” pungkasnya.

Pokja keselamatan jalan raya sendiri, lanjut Anton, dibagi menjadi lima bagian yaitu Manajemen Keselamatan Jalan, Keselamatan Jalan, Keselamatan Kendaraan, Penegakan aturan dan Public awareness dan Data Penanganan Pasca Kecelakaan.

Kelima bagian itu merupakan pilar aksi keselamatan jalan,
Lebih lanjut dikatakan Anton, untuk program kerja yang pertama sedang disusun Rencana Umum Keselamatan Jalan di Daerah dengan sudah dilakukan pendataan tentang data kecelakaan yang berasal dari Jasa Raharja dan Kepolisian. Selain itu juga akan diprogramkan tentang perbaikan dan identifikasi di beberapa ruas dan simpang di kota Bandung.

“Sekarang kami sedang menyusun program kerja pertama yaitu Rencana Umum Keselamatan Kerja yang akan masuk tahap finalisasi dan melakukaan pendataan jumlah kecelakaan di kota Bandung. Kami juga akan mengidentifikasi dan melakukan perbaikan di beberapa ruas dan simpang yang dianggap rawan kecelakaan seperti simpang Cikutra dan Pahlawan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Anton juga mengajak untuk ikut peduli mengenai isu-isu seperti kecelakaan, pengendara motor di bawah umur dan penggunaan helm yang baik dan benar. Hal tersebut disampaikan agar program Bloomberg Initiative for Global Road Safety dapat berjalan dengan baik.

“Harapan kami masyarakat sudah mulai peduli dengan isu-isu terkait kecelakaan, pemotor di bawah umur dan pengunaan helm yang benar, karena program ini dibutuhkan juga pelibatan langsung dari masyarakat. Nantinya dengan peran masyarakat tersebut, program Global Road Safety dari Bloomberg ini akan berjalan dengan lancar dan mendapatkan apresiasi,” pungkasnya. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.