Rabu, 7 Desember 22

Bandara Kertajati Masih Sepi Penumpang, Citilink Tutup Sementara

Bandara Kertajati Masih Sepi Penumpang, Citilink Tutup Sementara
* Ilustrasi Pesawat Citilink. (Foto: Tribunnews)

Majalengka, Obsessionnews.com – Meubah rute penerbangan dari Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung ke Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat yang dilakukan oleh sejumlah maskapai nyatanya tidak bisa menjadikan bandara Kertajati ramai dikunjungi orang. Jumlah penumpang di bandara tersebut masih rendah.

Hal ini yang membuat maskapai Citilink Indonesia menghentikan sementara beberapa rute penerbangan dari dan menuju Kertajati, terhitung mulai Jumat (26/7/2019) ini. Pihak manajeman tidak mau rugi terlalu banyak.

VP Corporate Secretary dan CSR Citilink Indonesia, Resty Kusandarina mengatakan tiga rute yang ditutup yakni Kertajati-Medan, Kertajati-Denpasar, dan Kertajati-Palembang. Hal itu berdasarkan hasil evaluasi.

“Rute-rute yang tutup beroperasi sementara DPS-KJT, PLM-KJT, KNO-KJT,” kata Resty saat dihubungi via pesan singkat, Jumat (26/7/2019).

Ia menuturkan alasan ketiga rute itu dihentikan sementara karena tingkat keterisian penumpang (load factor) dalam penerbangan itu relatif rendah menyusul adanya low season.

“Penutupan rute ini dilakukan setelah adanya evaluasi bahwa saat ini sedang low season sehingga seat load factor menjadi cukup rendah di rute-rute tersebut,” jelas dia.

Di luar tiga rute itu, hingga saat ini maskapai anak usaha Garuda Indonesia itu masih melayani penerbangan untuk dua kota lainnya di Bandara Kertajat. “Adapun rute lain di Bandara Kertajati yaitu PKU (Pekanbaru) – KJT serta SUB (Surabaya) – KJT masih beroperasi,” ungkap dia.

Menurutnya evaluasi secara berkala dilakukan Citilink untuk mengoptimalkan setiap rute penerbangan yang ada. Sebab, pihaknya juga akan selalu mempertimbangkan keberlangsungan perusahaan secara sehat.

“Sebagai maskapai berbiaya rendah (LCC) premium di Indonesia, Citilink senantiasa melakukan evaluasi terhadap rute-rute yang dibuka. Agar setiap rute penerbangan yang dioperasikan Citilink berlangsung dengan lebih optimal,” ujar Resty.

Citilink menjadi maskapai penerbangan pertama yang beroperasi di Bandara Kertajati tahun lalu. Namun, Citilink juga maskapai pertama yang menutup sejumlah rutenya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.