Rabu, 25 Mei 22

Bandara A Yani Pertimbangan Sistem Bagasi Otomatis

Bandara A Yani Pertimbangan Sistem Bagasi Otomatis

Semarang, Obsessionnews – Otoritas Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang sedang mempertimbangkan penghapusan jasa porter seperti yang telah diwacanakan Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Sebagai gantinya, PT Angkasa Pura I selaku pengelola akan mencoba menerapkan sistem bagasi otomatis (baggage handling system).

“Kita pastinya dalam hal pengamanan (bagasi), akan ikut yang terbaik,” kata General Affair and Section Head PT Angkasa Pura I, Anom Fitra Anggoro, Kamis (7/1/2015).

Selain untuk pembaharuan sekaligus modernisasi, sistem bagasi otomatis ini bertujuan meminimalisir aksi pembobolan bagasi penumpang pesawat. Seperti diketahui, akhir-akhir ini aksi pencurian dengan menyodet tas saat diturunkan dari pesawat sedang marak terjadi.

Sistem bagasi otomatis ini sendiri mulai berlaku di Soekarno-Hatta pada pertengahan tahun 2016. Menurut Anom, sistem tersebut juga bisa diterapkan di Bandara Ahmad Yani Semarang. “Cuma ini peralatan yang butuh perencanaan, karena ini investasi besar. Kita enggak mungkin dalam waktu dekat ini mengadakan,” ungkap Anom.

Meski begitu, pihaknya baru akan mengadakan sistem bagasi otomatis bila Kementerian Perhubunga sudah menjadikan aturan terkait hal tersebut. Sejauh ini, demi menekan aksi pendodosan bagasi, Bandara Ahmad Yani hanya mengoptimalkan sumber daya manusia dan sarana lain seperti pengetatan dari pihak pengamanan.

“Kalau kantor pusat menyatakan akan menginvestasikan alat ini, pasti kita akan ikut,” pungkasnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.