Jumat, 5 Juni 20

Bamsoet: Perlu Sinergi Kekuatan Nasional Dalam Penanganan Virus Corona

Bamsoet: Perlu Sinergi Kekuatan Nasional Dalam Penanganan Virus Corona
* Ketua MPR RI Bambang Soestyo. (Foto: @mprgoid)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua MPR Bambang Soesatyo merespons isu virus corona yang tengah ramai diperbincangkan. Bembang mengatakan perlunya penguatan upaya terhadap pencegahan dan penanganan virus corona di Indonesia yang telah dinyatakan oleh World Health Organization (WHO) sebagai pandemik global.

Pertama, Bamsoet mengajak semua pihak untuk mendukung gugus tugas percepatan penanganan corona yang telah dibentuk oleh Pemerintah, serta menyampaikan pentingnya menyinergikan kekuatan nasional di level Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Ia juga mengajak publik untuk mendukung keputusan pemerintah untuk mengedepankan imbauan kepada masyarakat agar melakukan Sosial distancing, jauhi kerumunan, kerja, belajar dan beribadah di rumah, kurangi bersentuhan dan berdekatan dengan orang lain, usahakan berjemur matahari.

“Pastikan sirkulasi udara agar tidak lembab dan tunda kegiatan massal seperti arisan, reuni dan lain-lain,” katanya.

MPR setuju proses belajar-mengajar dilakukan secara online/daring dan pekerjaan yang dilakukan dari rumah (work from home), namun Pemerintah perlu memberikan arahan lebih lanjut mengenai mekanisme masing-masing, sehingga masyarakat tetap dapat produktif dengan meningkatkan kewaspadaan.

“MPR berharap Kementerian Pertanian memastikan ketersediaan stok pangan dan kebutuhan pokok lainnya bagi masyarakat, agar kebutuhan masyarakat dapat tetap terpenuhi,” ujar Bamsoet.

Tidak hanya itu, MPR menyampaikan perlunya dilakukan pemetaan yang akurat terhadap penyebaran virus corona, sehingga dapat dibuat kebijakan strategis yang cepat dan tepat untuk pencegahan dan penanganan mewabahnya virus corona di Indonesia, agar virus tersebut tidak semakin menyebarluas, mengingat dampak yang ditimbulkan dapat berpengaruh kepada perekonomian, kesejahteraan, dan juga kesehatan rakyat.

“MPR menyampaian pendapatnya agar Pemerintah dapat menggratiskan pemeriksaan virus corona, mengingat pemeriksaan tersebut harus dilakukan secara massal, masif, dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” paparnya.

Terakhir MPR mengimbau Pemerintah perlu secara tegas kepada masyarakat untuk tidak keluar rumah dan berada di kerumunan orang banyak untuk sementara waktu apabila aktifitas atau kegiatan yang dilakukan tidak terlalu mendesak, serta tidak perlu panik berlebihan namun lebih ke peningkatan waspada dan menjaga kesehatan masing-masing. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.