Rabu, 2 Desember 20

Bamsoet Minta Wisatawan Patuhi Protokol Kesehatan Saat Libur Panjang

Bamsoet Minta Wisatawan Patuhi Protokol Kesehatan Saat Libur Panjang
* Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet). (Foto: Sutanto/Obsession News)

Jakarta, Obsessionnews.comMenjelang libur panjang yang akan berlangjung mulai 28 Oktober hingga 1 November 2020 dikhawatirkan dapat memicu meningkatnya kasus Covid-19. Untuk itu sejumlah pemerintah daerah (Pemda) menyusun strategi untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 saat libur panjang tersebut.

Seperti diketahui, langkah Pemda dalam mencegah meningkatnya kasus Covid-19 adalah membatasi jumlah wisatawan yang akan hadir di daerahnya masing-masing, meningkatkan patroli protokol kesehatan hingga melakukan tes cepat Covid-19.

Ternyata hal tersebut dapat apresiasi dari Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Dia berharap upaya itu bisa efektif apabila terjadinya kerumunan orang di masing-masing tempat wisata di daerah saat libur panjang pekan ini.

Untuk itu, Bamsoet meminta agar Pemda harus bekerja sama dengan aparat petugas keamanan tempat wisata untuk menertibkan wisatawan atau pengunjung agar patuh terhadap kebijakan yang ada, seperti melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan physical distancing di setiap area tempat wisata.

“Sebagai upaya mencegah terjadinya kluster baru penyebaran Covid-19 yang berasal dari tempat-tempat wisata,” ujar Bamsoet, Senin (26/10/2020).

Politisi dari Partai Golkar ini mendorong pemda meminta kepada pengusaha tempat wisata untuk memastikan jumlah pengunjung di tempat-tempat wisata dibatasi maksimal 50 persen sesuai aturan pembatasan sosial berskala besar pra-adaptasi kebiasaan baru (PSBB pra-AKB), serta memastikan keamanan kawasan wisata saat melonjaknya wisatawan pada libur panjang.

“Pemda harus dapat menegakkan aturan secara tegas bagi pengusa atau pengelola wisata yang tidak mengikuti atau mematuhi aturan yang ditetapkan, seperti dengan menghentikan sementara kawasan wisata, sebagai upaya pemda dalam mencegah terjadinya lonjakan kasus baru Covid-19,” ucapnya.

Tak hanya itu, Bamsoet juga meminta kepada setiap wisatawan atau pengunjung agar mematuhi aturan atau kebijakan yang ada.

“Seperti disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 serta memastikan dirinya sehat sebelum bepergian saat libur panjang akhir pecan,” pungkasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.