Kamis, 29 Oktober 20

Bamsoet: Aturan Pajak Online Asing Perlu Dikaji Lagi Demi UMKM Lokal

Bamsoet: Aturan Pajak Online Asing Perlu Dikaji Lagi Demi UMKM Lokal
* Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Perdagangan (Kemendag) perlu kaji lagi aturan tarif pajak bagi belanja online milik asing. Ini demi melindungi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri.

“Bagaimanapun kita harus mengupayakan perlindungan UMKM dan menahan laju pedagang online asing,” kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, di DPR, Rabu (18/4/2018).

Menurutnya, sebagai anggota Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), tarif pajak yang ditetapkan harus wajar. Di sisi lain, Politikus Golkar itu juga meminta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah agar dapat mengatur strategi untuk mendorong UMKM ke pasar ekspor. Hal ini harus dilakukan utamanya melalui pemanfaatan teknologi online.

“Mengingat kegiatan belanja melalui online semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia,” kata Bamsoet.

‎Untuk diketahui, sebenarnya sudah ada aturan soal bea masuk untuk belanja online. Bea akan dikenakan bila harga barang yang dibeli di atas USD100 atau setara sekitar Rp1,37 juta. Artinya barang-barang di bawah harga tersebut tidak dikenai pajak.

Pada titik itu, lanjut Bambang banyak pelaku industri dalam negeri yang melancarkan protes. Sebab akibat aturan itu, banyak masyarakat membeli dari online asing. Hal tersebut berdampak negatif pada ritel dan industri UMKM dalam negeri.‎ (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.