Sabtu, 18 September 21

Balon Bupati Kediri Polisikan KPU‎

Balon Bupati Kediri Polisikan KPU‎
* POLISIKAN - ‎Balon Bupati Kediri, Wishnu Wardhana dan Tomi Ari Wibowo usai menyerahkan berkas-berkas laporan ke Polda Jatim, Senin (22/6/2016). (Obsessionnews.com/ Ari Armadianto)

Surabaya, Obsessionnews – Bakal calon (Balon) bupati dan wakil bupati Kediri, Wishnu Wardhana dan Tomi Ari Wibowo melaporkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kediri ke Polda Jatim, Senin (22/6/2015).

Pasangan dari jalur independen ini menilai KPU Kabupaten Kediri yang ‎menggugurkan pencalonan dan menetapkan bahwa dirinya tidak memenuhi syarat (TMS).

“Tindakannya (KPU Kabupaten Kediri) sudah sewenang-wenang,” tegas WW sapaan akrab Wishnu Wardhana saat ditemani Kuasa Hukum Andry Ermawan di Mapolda Jatim, Senin (22/6/2015).

WW menjelaskan, Ketua dan Komisioner KUPD Kabupaten Kediri beralasan belum menerima hardcopy dan sofcopy dukungan sampai dengan batas waktu yang ditentukan, sehingga menetapkan TMS atasnya.

“Padahal itu (hardcopy dansoftcopy) sudah diserahkan 15 Juni 2015,” akunya.

Mantan Ketua DPRD Kota Surabaya ini menyayangkan sikap panitia penyelenggara pemilihan umum tersebut yang tidak mau memberikan tanda terima penyerahan berkas dokumen.

“Alasannya setelah penelitian dokumen. Atau sengaja berkas dukungan pasangan bakal calon perseorangan atasnya dihilangkan,” jelasnya.

Meski telah mempersiapkan dan menujuk sebanyak 10 orang petugas, termasuk 3 orang ahli IT yang hadir di kantor KPU Kabupaten Kediri sesuai undangan KPUD untuk penelitian berkas, namun keputusan TMS telah menggurkan mereka.

“Atas penetapan keputusan TMS oleh KPUD Kab Kediri No 23/Kpts/Kpu.Kab-014.329738/2015, keputusan itu dinyatakan batal demi hukum,” tambahnya.

Dari konsultasi tadi, WW mengatakan bahwa alurnya dari Bawaslu kemudian diserahkan ke Polda Jatim. “Masalah ini akan kita laporkan ke Bawaslu. Untuk keputusan dari KPUD Kab Kediri, kami akan PTUN kan, baik perdata maupun pidana,” pungkasnya.‎ (GA Semeru)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.