Rabu, 27 Oktober 21

Bakti Sosial Warnai HUT ke-54 Taspen

Bakti Sosial Warnai HUT ke-54 Taspen
* PT Taspen Cabang Pematangsiantar, Sumatera Utara, menggelar kegiatan khitan massal, donor darah, dan pemberian santunan kepada 75 anak, Senin (10/4/2017).(Foto: Lasser News Today)

Jakarta, Obsessionnews.com – PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) berusia 54 tahun pada tanggal 17 April 2017. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang  bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun Pegawai Negeri Sipil ini didirikan pada 17 April 1963.

Bakti sosial mewarnai rangkaian ulang tahunnya ke-54 Taspen. Di berbagai daerah Taspen menggelar bakti sosial berupa khitanan  massal, pengobatan gratis, donor darah, pemberian kursi roda, dan lain-lain.

PT Taspen  Cabang  Pematangsiantar, Sumatera Utara, menggelar kegiatan khitan massal, donor darah,  dan pemberian santunan kepada 75 anak yang tinggal di sekitar kantor dan rumah dinas, Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Siantar Sitalasari, Senin (10/4). Khitanan massal ini digelar bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Djasamen Saragih yang dikoordinir oleh Dr. Andy Rangkuty.

Menurut Kepala Cabang PT Taspen Pematangsiantar, Fahri, kegiatan ini digelar dalam rangka memberikan makna, sekaligus mendekatkan PT Taspen kepada masyarakat, sehingga kehadirannya bisa memberi manfaat kepada warga sekitarnya.

“Kegiatan ini sudah beberapa kali kita selenggarakan, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, khususnya yang bermukim di sekitar kantor,” katanya seraya menambahkan sejumlah kegiatan lainnya yang akan juga digelar.

Wakil Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah, yang didaulat memberikan sambutan dan penyerahan santunan secara simbolis, sangat mengapresiasi aksi sosial  Taspen.

“Kegiatan ini membuktikan, bahwa PTTaspen peduli dalam rangka mengurangi beban saudara-saudara kita, khususnya umat Muslim yang ada di sekitar kantor Taspen ini. Kami ucapkan banyak terimakasih atas kepedulian dan partisipasinya terhadap masyarakat Kota Pematangsiantar,” katanya.

Secara khusus, Pelaksana Harian (PLh) Walikota ini mengajak seluruh anak-anak yang mengikuti khitan massal, agar mensyukuri berkat Allah SWT melalui kegiatan ini.

“Kalian harus bisa menjadi pimpinan kedepannya, punya motivasi, punya semangat dan cita-cita yang tinggi. Gapailah cita-citamu setinggi bintang di langit. Hormati orang tua dan guru, jangan melanggar ajaran agama maupun nasihat orang tua. Pupuk sikap keberanian kalian sejak dini, sehingga kedepannya menjadi pemimpin yang berintegritas dan berguna bagi nusa dan bangsa. Kalian harus bia menjadi orang hebat namun tetap sholeh,” katanya disambut tepuk tangan meriah para hadirin.

Usai sambutan, Wakil Walikota berkenan menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada anak-anak yang dikhitan. Secara spontan, Wakil Walikota juga berkenan menambah santunan kepada seluruh anak-anak dari kocek pribadinya.

***

Sementara itu PT Taspen Cabang Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), memberikan bantuan  kursi roda dan mengadakan pengobatan gratis, Senin (3 /4).

PT Taspen Cabang Pangkalpinang, Bangka Belitung (Babel), memberikan bantuan kursi roda dan mengadakan pengobatan gratis, Senin (3 /4/2017).

Asisten Sekretaris Daerah (Sekda) Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Babel, Haryoso mengatakan, dengan adanya bantuan sosial kepada masyarakat, diharapkan dapat membantu meringankan beban masyarakat Babel, , khususnya Kota Pangkalpinang yang memperoleh bantuan kursi roda dan pengobatan gratis.

Di samping itu kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat dalam membantu masyarakat khususnya para peserta Taspen sehingga para abdi negara setelah purna tugas tetap cerdas, sehat dan ceria.

Haryoso berharap terjalinannya kerjasama yang harmonis antara Taspen dengan Provinsi Babel, sehingga sesuai dengan tujuan Taspen dalam mendukung program pemerintah, yakni menyejahterakan kehidupan masyarakat bangsa Indonesia.

“Atas nama pemerintah provinsi Babel, saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada PT Taspen yang ke-54 tahun dan terima kasih serta penghargaan setinggi-tingginya kepada PT Taspen atas apa yang diberikan kepada kami dan seluruh masyarakat Babel, khususnya Pangkalpinang,” kata Haryoso.

Kepala Taspen Cabang Pangkalpinang, Didik Murdiyanto, mengatakan, dalam rangka ulang tahun Taspen ada dua program acara, yakni penyerahan bantuan sosial berupa 10 kursi roda dan pengobatan gratis untuk 250 orang. Acara pengobatan gratis sendiri dilaksanakan selama sehari pada tanggal 3 April 2017.

“Sejak berdirinya semenjak 17 April 1963 PT Taspen sudah melaksanakan tugasnya dalam melaksanakan jaminan sosial bagi pegawai Negeri atau Aparatur Sipil Negara (ASN),” kata Didik.

Kepersertaan ASN aktif di Babel sekitar 31.280 ASN baik itu di pemerintah daerah maupun di instansi vertical. Sedangkan untuk pensiun sekitar 6.900 orang. Taspen Pangkalpinang sendiri setiap bulan membayar uang sebanyak Rp 16,9  miliar untuk 6.900 pensiunan. Sedangkan untuk klaim jaminan hari tua, ada tahun 2016 PT Taspen sudah membayar sekitar Rp 33,3 miliar. Selain program Pensiun dan Jaminan hari tua (tabungan hari tua), berdasarkan Peraturan Pemerintah No 70 tahun 2015, mulai Juli 2015 PT Taspen mempunyai 2 program tambahan, yaitu jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

“Untuk program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, sejak dimulai pada Juli 2015, kita sudah membayar sekitar Rp 5,8 miliar sampai dengan bulan maret 2017,” ujar Didik.

Taspen berkomitmen untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada seluruh peserta, sehingga peserta Taspen dalam hal ini pegawai aktif dan pensiunan dapat menikmati pelayanan Taspen yang mudah dengan sederhana dan tidak perlu bertele-tele.

“Sekarang menjadi pekerjaan rumah kami layanan di mitra kami, yaitu di perbankan dan pos karena masih banyak ngantri. Ke depan pelayananan akan kami tingkatkan bagaimana pelayanan pembayaran pensiun bulanan mulai dari tanggal 1 sampai dengan tanggal tertentu bisa dilaksanakan dengan baik, tidak terlalu banyak antrian. Karena di Taspen sendiri tidak ada antrian, karena untuk mengurus pensiun satu bulan sebelumnya sudah kita proses, begitu SK pensiun muncul langsung kita proses,” tandasnya. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.