Rabu, 22 Januari 20

Bakso Wonogiri Menjamur di Seantero Negeri, Dari Mana Asal Usulnya?

Bakso Wonogiri Menjamur di Seantero Negeri, Dari Mana Asal Usulnya?
* Bakso Wonogiri. (Foto: Edi Wonogiri)

Jakarta, Obsessionnews.com – Bakso merupakan salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Hampir semua daerah bahkan sampai pelosok negeri ini bakso mudah ditemui. Makanan khas nusantara ini sudah sangat cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

Bakso di Indonesia umumnya dibuat dari bahan dasar daging sapi atau ayam dengan campuran tepung pati agar rasanya kenyal. Hampir setiap wilayah di Indonesia punya bakso andalan. Namun, bakso yang cukup terkenal di Indonesia berasal dari Wonogiri, Jawa Tengah.

Di kota-kota besar umumnya, bakso Wonogiri sudah banyak menjamur. Bakso khas Solo Raya ini sangat mudah didapati bukan hanya di kota-kota besar, bahkan sudah merambah ke desa-desa di kabupaten/kota. Lantas, tahukah kalian dari mana asal-usul bakso Wonogiri?

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari media Solopos, bakso Wonogiri konon berasal dari Girimarto, Wonogiri, Jawa Tengah. Bakso Wonogiri terkenal lantaran penduduk lokal yang merantau ke kota. Kebanyakan dari mereka mengadu nasib di perantauan dengan berdagang bakso.

Bakso Wonogiri punya ciri khas, yakni berkuah bening lantaran dibuat dari air rebusan tulang sapi. Tekstur bakso Wonogiri juga sangat lembut dan kenyal lantaran campuran daging sapi dan tepung dengan takaran khusus yang digiling halus.

Harga bakso Wonogiri di berbagai kota sangat bergam. Untuk Kota Solo, Jawa Tengah, satu porsi bakso Wonogiri di warung pinggir jalan biasanya dijual seharga Rp8.000 hingga Rp10.000. Sementara mi ayam Wonogiri dibanderol Rp6.000 hingga Rp10.000.

Namun untuk di Jakarta, Bakso Wonogiri bisa mencapai Rp 20.000 untuk satu porsi. Meski tergolong lebih mahal dibanding dengan lain, namun bakso Wonogiri tetap digandrungi pelangganya, dari yang muda sampai orang tua. Kuatnya rasa daging bakso dan kuahnya menjadi magnet sendiri bagi pelanggan untuk terus memakan bakso ini. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.