Kamis, 18 April 24

Bakamla RI Bahas Keamanan Laut di Batam

Bakamla RI Bahas Keamanan Laut di Batam
* Workshop Pengelolaan Keamanan Laut di Hotel 89, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (16/11/2016)

Batam, Obsessionnews.com – Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Irjen Pol Satria F Maseo SH MM meresmikan kegiatan workshop Pengelolaan Keamanan Laut di Hotel 89, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (16/11/2016). Hadir di antaranya stekeholder Bakamla RI khususnya untuk wilayah Batam dan difasilitasi oleh narasumber yang ahli dalam bidangnya. Yakni, Guru Besar Fakultas Hukum UI Prof Melda Kamil Ariadno SH PhD, Danguskamlabar Batam Laksamana Pertama TNI Muhammad Ali dan Direktur Hukum Bakamla RI Laksma TNI Yuli Dharmawanto.

Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla RI menegaskan, laut merupakan karunia bagi bangsa Indonesia, karena 2/3 wilayah Indonesia merupakan lautan yang memiliki potensi sumber kekayaan alam. Laut Indonesia berada di posisi silang antara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Saat ini perairan Indonesia menjadi jalur pelayaran niaga dunia yang strategis.

“Kondisi strategis indonesia dan berlimpahnya kekayaan alam tidak hanya membawa berkah bagi Indonesia, tetapi juga membuka ruang ancaman bagi kegiatan navigasi dan ekspolitas sumber daya alam secara ilegal oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” paparnya.

bakamla-ri-workshop2

Maka dari itu, pelaksanaan pemantauan dan penjagaan terhadap aktivitas di laut perlu dilakukan secara terus menerus. Indonesia sebagai negara berdaulat memiliki hak dan kewajiban untuk melakukan pengaturan, pengawasan, perlindungan dan pengelolaan atas darat, laut dan udara guna melindungi kepentingan nasional tanpa mengabaikan kepentingan internasional. “Maka upaya pengelolaan keamanan laut yang komperehensif dan terpadu secara berkelanjutan adalah suatu keharusan,” imbuhnya.

Setelah kegiatan Workshop Pengelolaan Keamanan Laut selesai, dilanjutkan dengan kegiatan Rapat Koordinasi Advokasi dan Penegakan Hukum Keamanan Laut dengan tema Optimalisasi Penanganan Tindak Pidana di Laut Melalui Sinergi Antar Aparat Penegakan Hukum. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih dalam kepada stakeholder di wilayah Batam mengenai aspek advokasi hukum dan penanganan perkara yang ditemui. Sehingga diharapkan penanganan perkara dapat dilakukan dengan cepat dan tidak bertele-tele.

Direktur Hukum Bakamla RI Laksamana Pertama TNI Yuli Dharmawanto secara langsung memberikan paparan. Peserta stakeholder yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dan saling memberikan gambaran mengenai tindak perkara yang sering ditemui di wilayah perairan Batam. (Ali)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.