Selasa, 26 Januari 21

Bahlil Lahadalia Siap Ladeni Debat Terbuka Soal Omnibus Law

Bahlil Lahadalia Siap Ladeni Debat Terbuka Soal Omnibus Law
* Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia (Foto : Ist)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pro dan kontra terkait dengan UU Cipta Kerja atau UU Omnibus Law yang telah ditandatangani Presiden Jokowi kemarin hingga kini terus menyeruak. Hal itu tidak lepas dari sejumlah pasal yang dianggap rancu dan menguntungkan pengusaha atau pemodal dibandingkan nasib para pekerja.

Dengan polemik yang begitu kental, pemerintah diminta memberikan penjelasan secara detail dan mau mengakui jika memang nantinya terbukti ada kesalahan dalam proses penyusunan UU Cipta Kerja. Atas dasar itu aktivis mahasiswa Cipayung Plus, menantang pemerintah untuk melakukan debat terbuka.

Menjawab tantangan itu Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mewakili pemerintah menyatakan kesediaan dan kesanggupannya untuk hadir. Sebelumnya para aktivis menantang Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Kepala BKPM. Hadirnya Bahlil dalam debat tersebut diakuinya sebagai bagian dari tanggung jawab kepada generasi muda untuk memberikan penjelasan yang komprehensif.

“Saya siap menerima tantangan debat terbuka. Ini penting karena saya juga adalah bagian dari keluarga besar Cipayung. Jadi saya akan datang menemui adik-adik saya, para aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus,” jelas Bahlil dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (4/11/2020).

UU Cipta Kerja yang terdiri 186 pasal telah disahkan dan ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada hari Senin (2/11). UU Cipta Kerja yang merangkum 77 UU ini terbagi menjadi menjadi 11 klaster, di antaranya adalah kemudahan berusaha dan peningkatan ekosistem investasi dan kegiatan berusaha. Bahlil justru memandang UU CK dibutuhkan bagi generasi muda sehingga diskusi secara intelektual justru harus terus dilakukan.

“Tradisi dialektika intelektual adalah bagian dari nilai luhur para aktivis Cipayung dan karena itu harus terus dijaga. Dalam konteks Undang-undang Cipta Kerja, justru ini adalah kesempatan bagi saya mewakili pemerintah untuk menyampaikan hal-hal yang terutama berkaitan dengan anak-anak muda,” tegas salah satu anggota kabinet termuda ini.

Rencananya debat terbuka akan dilaksanakan malam ini (4/11/2020) pukul 19.30 WIB. Kegiatan dilakukan secara tatap muka dengan memperhatikan dan menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Debat dapat disaksikan secara daring melalui kanal Youtube BKPM TV. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.