Kamis, 28 Januari 21

Bahaya! Tidur dengan Ponsel di Dekat Kepala

Bahaya! Tidur dengan Ponsel di Dekat Kepala
* Tidur dengan ponsel di dekat kepala

Nampaknya, banyak orang tidur dengan ponsel ada di sebelah kepala. Menurut survei, 44 % pemilik ponsel tidur di dekat ponsel mereka.

Biasanya, mereka memainkan ponsel sambil tiduran hingga tertidur. Ponsel pun tergeletak sembarangan di dekat kepala. Banyak pula orang menggunakan ponselnya sebagai jam alarm sehingga ia ingin terdengar saat alarmnnya berbunyi.

Namun ada juga yang memilki kebiasaan meletakkan ponsel di dekatnya saat tidur karena tidak ingin melewatkan panggilan, teks, atau email. Sayangnya, kebiasaan ini adalah cara yang salah dan bisa memicu timbulnya ragam penyakit serius.

Dikutip dari Living Strong.com, The California Department of Public Health (CDPH) mengeluarkan beberapa informasi dan pedoman tentang keamanan ponsel hal ini dikarenakan ponsel memancarkan energi frekuensi radio (RF) saat mengirim dan menerima informasi dari menara BTS di sekitarnya.

Frekuensi ini mungkin berbahaya atau mungkin tidak berbahaya. Namun, menurut pedoman, beberapa penelitian telah menemukan bahwa penggunaan ponsel dalam jangka panjang dapat dikaitkan dengan jenis kanker tertentu dan efek kesehatan lainnya.

Efek kesehatan lainnya adalah kanker otak, tumor saraf akustik, kelenjar ludah, menurunnya jumlah sperma yang lebih rendah serta sperma, sakit kepala, dan ganguaan pada pendengaran.

Bahaya radiasi memang menjadi efek yang tidak baik saat kamu sering meletakkan ponsel di dekat kepala. Memang belum ada riset yang membuktikan penggunan ponsel akan menyebabkan kanker.

Tetapi secara umum ponsel dan gadget lain mengeluarkan radiasi elektromagnetik dalam dosis rendah. Jumlah yang sama juga dikeluarkan oleh microwave dan alat rontgen.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebutkan radiasi tersebut bisa bersifat karsinogen pada manusia, terutama pada anak-anak. Itu sebabnya, jika Anda masih memiliki anak kecil, jauhkan perangkat gadget dari kamar tidur.

Selain resiko radiasi frekuensi, juga akan mengganggu proses tidur.

Ponsel, tablet, TV, dan berbagai perangkat gadget yang menggunakan layar LED akan mengeluarkan cahaya biru. Sinar ini diketahui akan menghambat produksi hormon melatonin yang kita butuhkan agar bisa mengantuk.

Terganggunya produksi melatonin juga akan merusak jam biologis tubuh. Oleh sebab itu, segera jauhkan ponsel dari kepala saat tidur karena bisa mengganggu kesehatan. (grid/id)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.