Sabtu, 4 Februari 23

Bahas Persoalan Sampah, KLHK Adakan Kegiatan Rakornas Jakstranas

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan acara Rakornas Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (Jakstranas) di Gedung KLHK, Jakarta, Selasa (3/4/2018). Rakornas tersebut dihadiri sejumlah menteri, kepala daerah, anggota DPR, duta besar negara sahabat, serta para penggiat lingkungan.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 Kementerian LHK Rosa Vivien Ratnawati mengatakan, Rakornas ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari. Tema HPSN tahun 2018 adalah Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah dengan tagline #bersihbisakok#.

“Tujuannya kegiatan ini tidak lain untuk menyamakan persepsi antar pemangku kepentingan pengelola sampah nasional dalam menyusun kebijakan, strategi, program dan kegiatan pengelolaan sampah untuk mencapai target pengurangan dan penanganan sampah.
Mendukung pencapaian target pengurangan dan penanganan sampah nasional 2025,” ujarnya di lokasi.

Rakornas ini juga merupakan mandat dari terbitnya Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga tanggal 23 Oktober 2018, yang juga mandat dari Pasal 6 Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

“Kegiatan ini juga merupakan sosialisasi Perpres No. 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga,” tuturnya.

Rosa menuturkan, output yang diharapkan dari Rakornas Jakstranas ini adalah terwujudnya sinergi dan pemahaman yang sama tentang pelaksanaan Perpres jakstranas dan penyusunan jakstrada provinsi dan kabupaten/kota, serta terwujudnya target pengurangan sampah sebesar 30% atau setara 20,9 juta ton dan penanganan sampah sebesar 70% atau setara 49,9 juta ton pada tahun 2025 sehingga sampah terkelola 100%.

“Semoga dengan komitmen dan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dalam pengelolaan sampah nasional dapat mewujudkan Indonesia Bersih Sampah tahun 2025,” tuturnya.

sebagai tindak lanjut dari kegiatan rakornas ini, KLHK akan melakukan koordinasi dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) dalam rangka pembinaan kepada P3E sehingga P3E dapat melakukan pendampingan kepada daerah provinsi dan kabupaten/kota di wilayahnya serta Rapat Koordinasi Regional (Rakoreg) dalam rangka pembinaan penyusunan Jakstrada di 6 (enam) Regional. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.