Kamis, 27 Januari 22

Bahas Calon Tunggal, DPR Sampai Undang Jokowi

Bahas Calon Tunggal, DPR Sampai Undang Jokowi

Jakarta, ‎Obsessionnews – Untuk membahas persoalan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember mendatang karena adanya calon tunggal disejumlah daerah, DPR sampai berencana mengundang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, ‎pihaknya sudah meminta Komisi II untuk menyurati Jokowi. Menurutnya, salah satu poin yang akan dibahas adalah perlu atau tidaknya Presiden mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Pilkada.

“Kita sudah minta untuk segera membuat suratnya untuk kita teruskan ke Presiden. (masalah Perppu calon tunggal) Juga akan segera dibahas,” ujar Setya di DPR, Jakarta, Senin (3/8/2015).

Meski demikian, politisi Partai Golkar ini belum mau memutuskan apakah DPR setuju dikeluarkannya Perppu. DPR kata dia, masih perlu mendengarkan penjelasan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan mengevaluasi kinerjanya selama ini.

“Sekarang sebenarnya kita evaluasi dulu, mendengarkan dari KPU sama ini masalah ini, kan sangat penting sekali. Karena tidak bisa semuanya, harus kita evaluasi lebih dalam,” terangnya.

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri sebelumnya sudah berencana akan mengusulkan kepada Presiden untuk mengeluarkan Perppu, agar calon tunggal tetap bisa mengikuti Pilkada serentak.

Namun, sebagian anggota DPR menolak adanya Perppu. Sebab, dianggap tidak berada dalam genting atau memaksa. Terlebih dalam Peraturan KPU, sudah disepakati bahwa jika ada calon tunggal dalam Pilkada serentak, maka akan diundur sampai 2017.

KPU sudah berupaya untuk menghindari adanya calon tunggal, dengan memperpanjang masa pendaftaran calon kepala daerah sampai 3 Agustus 2015. Namun, tetap saja ada lima daerah yang hanya memiliki calon tunggal.

Lima daerah tersebut yakni, Kabupaten Blitar (Jawa Timur) Kabupaten Tasikmalaya (Jawa barat) Kabupaten Timor Tengah Utara (Nusa Tenggara Timor) Kota Mataram (Nusa Tenggara Barat) dan Kota Samarinda (Kalimantan Timur). (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.