Sabtu, 16 Oktober 21

Bagaimana Man City Bisa Kalahkan Barcelona

Bagaimana Man City Bisa Kalahkan Barcelona

London – Mantan pelatih Celtic Neil Lennon menikmati kemenangan mengejutkan atas Barcelona pada 2012, dan ia membeberkan rahasia keberhasilannya tersebut.

Manchester City memiliki penguasaan bola dan umpan sukses yang lebih banyak dari tim-tim lain di Liga Primer Inggris musim ini, tetapi Manuel Pellegrini kesulitan membawa performa dan gaya yang sama dari timnya ke Liga Champions.

Hal tersebut tampaknya tidak akan berkembang ketika City menghadapi Barcelona, tim yang memiliki penguasaan bola terbaik di Eropa bersama Bayern Munich. Pada leg pertama, juara bertahan EPL tersebut tidak akan diperkuat oleh Yaya Toure, pengatur serangan dari lini tengah.

Tetapi Barcelona sebelumnya pernah dikalahkan oleh kombinasi dari pertahanan cerdas, umpan cerdik, pemanfaatan bola mati dan juga sedikit keberuntungan. Kekalahan paling mengejutkan mereka dalam beberapa tahun terakhir adalah saat melawan Celtic, pada 2012, di mana mereka saat itu hanya kalah dua kali dalam 29 pertandingan Eropa.

Salah satu dari banyak kemenangan yang mereka catatkan sebelum bertandang ke Glasgow, datang saat menghadapi lawan yang sama di Camp Nou, tetapi di sanalah, seperti yang dijelaskan pelatih Celtic saat itu, Neil Lennon, benih kemenangan 2-1 mulai disebar.

goal1.jpg

Lennon, sekarang pelatih Bolton Wanderers, mengatakan kepada Goal: “Kami akan bermain pada Rabu malam di Nou Camp. Jadi Minggu sebelumnya, saya dan asisten, terbang ke Deportivo La Coruna – setelah 15 menit mereka [Barcelona] unggul 3-0. Kami saling memandang dan berpikir ‘kita dalam masalah’.

“Bagaimanapun juga, pertandingan berakhir dengan skor 5-4. Ada sedikit aksi individu brilian dari [Lionel] Messi, dia mengambil bola dan melakukan pergerakan meliuk-liuk. Dia menendang bola ke arah pojok gawang. Saya berdiri dari kursi, saya terpesona dengan itu.

“Empat gol yang masuk ke gawang mereka adalah tendangan penjuru, tendangan bebas, penalti dan gol bunuh diri. Saya berpikir kami tidak bisa menembus tim ini, akan sulit untuk mencetak gol dalam permainan terbuka. Tidak ada peluang untuk menandingi mereka dalam penguasaan bola.

“Kami mungkin mendapat sedikit kesenangan dalam bola mati. Jika kami dapat fokus di pertandingan dan mempertahankan struktur pertahanan, memaksa mereka melebar dan berusaha untuk tidak membuat mereka memasuki area tengah…kemudian kami mungkin memiliki kesempatan untuk mengambil sesuatu di pertandingan.

“Jelas ini sebuah perjalanan panjang.”

Gol telat Jordi Alba membuyarkan harapan Celtic untuk meraih hasil imbang di Camp Nou. Seperti yang diprediksi Lennon, bola mati menjadi peluang utama bagi The Hoops untuk mencetak gol dan tandukan Georgios Samaras memanfaatkan tendangan bebas Charlie Mulgrew membawa mereka memimpin, tetapi Andres Iniesta mampu menyamakan kedudukan.

Masalah Barcelona dalam antisipasi bola mati terus bertahan. Di babak grup, Paris Saint-Germain mengalahkan mereka 3-2 di kandang dengan dua gol berasal dari situasi seperti itu.

goal2

Manchester City akan mengetahui bahwa jika mereka ingin berhasil, maka bola-bola kiriman dari Toure dan David Silva akan memberi mereka kesempatan. Mereka juga membutuhkan Joe Hart dalam kondisi terbaik.

“Anda selalu membutuhkan sedikit keberuntungan menghadapi tim-tim seperti ini,” imbuh Lennon. “Anda butuh kiper Anda bermain dengan sangat baik. Satu hal yang pasti adalah mereka pasti menyerang Anda dan mereka akan menciptakan celah.

“Jika Anda cukup sabar untuk melakukannya dan disiplin, maka itu juga cukup bagus untuk para pemain kami.

“Kami sedikit mengandalkan keberuntungan, Alexis Sanchez menyiakan peluang emas di menit awal. Kemudian kami bermain baik di pertandingan dan memiliki jeda melalui bola mati dan mencetak gol, jadi secara psikologis kami memiliki sesuatu untuk dipertahankan… dan kami melakukannya dalam periode yang panjang. Pada akhirnya mereka terus datang pada kami dan kami lengah di menit akhir.” (goal.com)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.