Selasa, 21 September 21

Bachtiar Sebut Pak Harto Layak Dapat Gelar Pahlawan

Bachtiar Sebut Pak Harto Layak Dapat Gelar Pahlawan

Jakarta, Obsessionnews – Polemik pro kontra mantan Presiden ke-2 RI Soeharto yang tidak mendapatkan gelar pahlawan nasional dari pemerintah, memperoleh tanggapan dari mantan Menteri Sosial RI era SBY, Bachtiar Chamsyah.

Tidak adanya nama Soeharto dari 5 tokoh pahlawan nasional yang diberikan Presiden RI Joko Widodo berbarengan dengan Hari Pahlawan 10 November kemarin, menyisakan pertanyaan publik khususnya pendukung Pak Harto. Mengapa Soeharto tidak mendapat gelar itu, padahal Soeharto dalam pemerintahannya selama 32 tahun itu pernah membawa Indonesia menjadi negara swasembada pangan?

“Pak Harto layak mendapatkan gelar pahlawan nasional. Dia sudah memenuhi syarat menjadi pahlawan nasional RI. Contohnya saja, dia telah menstabilkan perekonomian dalam negeri kala itu, dan keamanan  pun terjaga,” tegas Bachtiar saat dihubungi Obsessionnews.com, Selasa (10/11/2015).

Menurutnya, dalam sejarah panjang Soeharto memerintah RI memiliki plus dan minusnya. Ada masa pemerintahan yang dia pimpin terpuruk, namun ada pula masa di mana rakyat Indonesia mengalami harga bahan pokok yang murah.

Namun sayangnya, sewaktu Bachtiar Chamsyah menjabat sebagai Menteri Sosial RI pun belum pernah mengusulkan Soeharto menjadi pahlawan nasional.

“Belum pernah. Saya mengusulkan Mohammad Natsir. Dan Mensos lainnya pun belum pernah ada yang mengusulkan Pak Harto menjadi pahlawan nasional,” aku Bachtiar.

Bachtiar pun bertutur bahwa dirinya pernah berkunjung ke rumah kediaman Soeharto di Jalan Cendana, Menteng, Jakarta Pusat. “Rumah bupati lebih mewah dibandingkan rumah Soeharto,” canda Bachtiar sembari ketawa. (Mariana)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.