Rabu, 19 Mei 21

Azis Syamsuddin Dicekal KPK ke Luar Negeri

Azis Syamsuddin Dicekal KPK ke Luar Negeri
* Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin. (Foto: Humas DPR)

Jakarta, Obsessionnews.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin untuk bepergian ke luar negari. Pencekalan ini terkait pendalaman dugaan kasus suap Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial dengan penyidik KPK asal Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, hal tersebut demi memudahkan penyidik saat memerlukan keterangan dari Azis Syamsuddin.

Nama Azis Syamsuddin terseret dalam skandal dugaan suap terkait penghentian penyelidikan perkara korupsi di Pemkot Tanjungbalai.

Ia disebut sebagai fasilitator atau pihak yang mempertemukan Wali Kota Tanjungbalai, M Syahrial dengan penyidik KPK asal Polri, AKP Stepanus Robin Pattuju.

“Semua KPK lakukan untuk kepentingan memudahkan penegakan hukum. Jika KPK memerlukan permintaan keterangan terhadap seseorang yang diperlukan untuk pengumpulan keterangan apakah sebagai saksi maupun tersangka tentang apa yang diketahui, dialami atau didengar sesuai kesaksiannya,” katanya kepada MNC Portal, Jumat (30/4/2021).

Firli menjelaskan, hal itu lantaran penyidik KPK bekerja berlandasakan pada kecukupan bukti. Mengenai dengan permintaan pencegahan, Firli menyebut, penyidik telah berkoordinasi dengan pihak berwenang.

“Cekal dilakukan terhadap seseorang untuk menjamin kepentingan penyidikan. KPK tentu memintakan cekal. Hal Itu semata-mata utk kepentingan kelancaran dan kemudahan permintaan keterangan seseorang,” tuturnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.