Minggu, 25 Agustus 19

Awasi Pemilu 2019, 55 Panwas Meninggal Dunia

Awasi Pemilu 2019, 55 Panwas Meninggal Dunia
* Gedung Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu). (foto: wikipedia)

Jakarta, Obsessionnews.com – Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ini mengisahkan duka yang mendalam bagi keluarga korban maupun jajaran penyelenggara pemilu, yaitu Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu).

Bawaslu mendata sudah puluhan Panitia Pengawas (Panwas) meninggal dunia saat melaksanakan tugasnya mengawasi proses jalanya pemilu 2019 ini.

“Catatan kami di Bawaslu sampai tadi malam sudah 55 Panwas wafat saat bertugas,” ujar Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (27/4/2019).

Tak hanya itu, 480 Panwas juga sakit saat menyukseskan gelaran pesta demokrasi tahun ini dan sejumlah Panwas juga mengalami kekerasaan saat bertugas.

Pria berdarah Jawa Timur ini, menceritakan, seperti kasus di Maluku di mana ada seorang Panwas meninggal dunia karena diduga dianiaya.

“Jadi banyak motif atas kejadian yang dialami, kecelakaan juga dominan,” bebernya.

Untuk itu, selain berduka, Afif juga mengapresiasi semangat para panwas dalam menjalankan tugas. Namun dia meminta semua pihak berkonsentrasi menyelesaikan tugas-tugas yang masih harus diselesaikan.

“Pertama kami mengapresiasi dan mendoakan para pahlawan demokrasi yang sudah meninggal,” katanya.

“Kedua kita tetap harus melanjutkan proses pemilu yang  sekarang sedang masa rekapitulasi di tingkat Kecamatan selanjutnya di Kabupaten sampai Provinsi” tambah Afif. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.