Rabu, 5 Agustus 20

Awas Potensi Tsunami Ekonomi!

Arief Poyuono

Langkah yang diambil otoritas moneter dalam hal ini BI dengan menawarkan program hedging bagi pelaku usaha yang melakukan aktifitas impor untuk menjaga volalitas nilai kurs dollar sih bolehlah tapi sampai seberapa efektifnya?

Lalu rencana pemberian insentif bagi para pelaku usaha yang usahanya berbasis produk ekspor seperti CPO dan pertambangan, apa iya mereka tertarik untuk mengubah pendapatan mereka dalam bentuk USD menjadi rupiah. Untuk meningkatkan devisa dan melindungi mata uang lokal dari kekalahan pasar global. Kayaknya sih tidak mungkin, karena mereka sektor perkebunan sawit dan pertambangan banyak dikuasai oleh perusahaan asing dan nasional yang Juga punya pinjaman kredit di bank-bank luar negeri serta obligasi dalam denominasi dollar yang banyak akan jatuh tempo. Jadi, sangat kecil kemungkinan mereka tertarik dengan program BI.

Jadi, krisis ekonomi sangat berpotensi lho di jaman pemerintahan Joko Widodo saat ini jika terus kebohongan data-data ekonomi yang dikemukakan di saat-saat mau Pilpres.

Jakarta, 3 Oktober 2018

FX Arief Poyuono
Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.