Minggu, 26 September 21

Awas! Pil Diet/Pelangsing Simpan Bahaya

Awas! Pil Diet/Pelangsing Simpan Bahaya
* Ilustrasi pil diet/pelangsing. (ist)

Tubuh langsing memang jadi dambaan banyak orang. Demi mendapatkan tubuh yang kurus, berbagai cara dilakukan. Salah satu yang kini sedang jadi tren dan banyak dipromosikan oleh para influencer adalah pil diet/pelangsing.

Harga dan jenisnya pun sangat beragam, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Dilansir dari Byrdie.com, pil penurunan berat badan sebenarnya hanya boleh dikonsumsi dengan pantauan dokter.

“Pil merupakan obat yang keras, dan berpotensi ketergantungan, “ ujar Brittany Lubeck, seorang pakar gizi dikutip dari Byrdie.

Lubeck juga menjelaskan, pil hanya mengurangi nafsu makan, dan menghalangi penyerapan lemak di dalam tubuh. Jika hanya mengkonsumsi pil, tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Mereka yang ingin langsing dan menurunkan berat badan juga harus mengubah pola makan sehat dan teratur serta berolahraga. Pil juga bisa memberikan efek samping yang serius. Seperti sembelit, tekanan darah yang naik, pusing, dan detak jantung tidak teratur.

Beberapa pil juga mengandung bahan berbahaya. Maka dari itu, mengonsumsil pil diet atau pil pelangsing dalam bentuk apapun sangat tidak disarankan. Efeknya bisa sangat buruk bagi kesehatan.

“Karena banyak diet yang hanya berlaku dalam jangka waktu pendek,” tandasnya meningatkan.

Lubeck mengatakan, efek diet yang cepat, akan kembali dengan cepat pula. Demi lebih sehat dan efek langsing tahan lama, hindari konsumsi pil diet. Ubah pola makan jadi lebih sehat, rutin olahraga dan defisit kalori.

Hampir Tewas Akibat Pil Diet
Memiliki tubuh langsing, berat badan ideal dan proporsional tentu menjadi impian dari semua orang. Khususnya untuk para wanita. Apalagi, dengan tubuh langsing seorang wanita akan menganggap dirinya lebih cantik dan mengesankan. Dan untuk mendapatkan tubuh langsing ini, selain makan makanan yang bergizi dan rendah lemak, olahraga cukup dan istirahat serta minum air cukup, satu lagi yang sering dilakukan seseorang adalah minum obat pelangsing.

Obat pelangsing memang menjanjikan seseorang mendapatkan tubuh langsing. Meski begitu, kita tetap harus hati-hati dan waspada saat minum obat pelangsing. Minum obat pelangsing dalam porsi berlebih, justru akan membuat tubuh rentan terhadap berbagai penyakit atau yang lebih mengerikan menyebabkan kematian. Seorang remaja berusia 19 tahun mengaku bahwa dirinya hampir meninggal karena minum obat pelangsing herbal.

“Aku tak percaya ini akan terjadi padaku. Aku hampir meninggal karena mengalami dehidrasi. Aku muntah secara berlebihan dan kepalaku sangat pusing. Aku merasa sangat sakit, nyeri dada yang teramat mengerikan dan kesulitan bergerak. Saat dibawa ke rumah sakit dan diperiksa, dokter bilang ini terjadi karena adanya infeksi di usus. Infeksi itu disebabkan karena adanya zat berbahaya yang masuk ke usus setiap hari. Ternyata, zat itu berasal dari obat pelangsing herbal yang aku konsumsi setiap harinya,” komentar Hannah.

Selama ini Hannah memang minum obat atau pil pelangsing alami yang mengandung ekstrak teh hijau yang juga mengandung Nutrition HQ. Nutrisi inilah yang disinyalir membuat kondisi kesehatan Hannah drop. Meski begitu, Hannah patut bersyukur karena Tuhan masih sayang dengannya dan dokter mampu mengatasi kondisi buruknya. Setelah dirawat beberapa hari di rumah sakit, kondisi Hannah pulih dengan baik.

Singkat cerita, sebelum minum obat pelangsing tersebut, bobot Hannah mencapai 90 kg. Namun, setelah minum obat selama beberapa bulan terakhir, bobot tubuhnya turun hampir setengahnya. Hannah juga melakukan diet ketat dan tak terlalu memperhatikan pola makannya. Ini juga yang akhirnya menjadi alasan kenapa kondisi kesehatan Hannah drop dan ia mengalami dehidrasi. Hannah berharap, apa yang menimpanya tak pernah menimpa orang lain. Ia juga menyarankan agar kita semua melakukan diet sehat dengan cara yang tepat ketika ingin mendapatkan tubuh langsing.

Jadi, jika Anda juga ingin menurunkan berat badan dan memiliki tubuh langsing, pastikan agar melakukan diet sehat. Usahakan agar Anda tak minum obat pelangsing karena minum obat pelangsing dalam jangka waktu yang panjang memungkinkan seseorang mengalami masalah kesehatan. Semoga, apa yang menimpa Hannah tak pernah menimpa kita semua. (*/Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.