Rabu, 25 November 20

Awas Makanan Berzat Kimia !!

Awas Makanan Berzat Kimia !!
* lontong boraks

Bandung, Obsessionnews – Terkait dengan maraknya makanan yang mengandung zat berbahaya, umat Islam harus melektif memilih makanan.  Aman dan halal harus menjadi acuan bagi umat Islam atau halalan Thoyyiban saat mengkonsumsi makanan.

Demikian dijelaskan Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI  DR. Lukman Hakim , Selasa (30/6), menanggapi maraknya makanan berbahaya pada konsumsi kolak di bulan Ramadhan ini.

Lukman mengingatkan, umat Islam  tidak hanya menjauhi masalah keharaman, tapi makanan tersebut harus baik terhindar dari jenis-jenis kimia yang berbahaya, sehingga pihaknya juga mengeluarkan sertifikasi bagi makanan, obat dan kosmetik melalui pemeriksaan yang mendalam atas halal atau tidaknya sebuah makanan.

“Begitupun masalah keharaman, kami juga melakukan pengkajian yang mendalam, tidak hanya terhadap makanan yang mengandung zat haram tapi juga bersentuhan dengan benda haram,” ujarnya.

daging halal
daging halal

Dalam ajaran Islam bagi semua manusia harus memakan makanan yang halal dan baik, sehingga pihaknya juga memiliki tanggung jawab yang besar terhadap masyarakat. Ia pun mengingatkan, bahwa para pencampur makanan dengan zat haram dan berbahaya akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Sejak kemarin, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Jabar razia makanan di beberapa titik, seperti jalan Kapatihan, Dalemkaum serta sejumlah titik di Alun-alun Bandung seperti kolak, sop buah, lontong dan makanan lainnya setelah dicek terdapat makanan yang mengandung borak, pewarna serta pengawet, sehingga bagi masyarakat agar tetap waspada dan hati-hati. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.