Jumat, 28 Februari 20

Awas! Main HP Sambil Tiduran Bisa Akibatkan Kebutaan

Awas! Main HP Sambil Tiduran Bisa Akibatkan Kebutaan
* main ponsel sambil tiduran

Di zaman modern seperti ini, handphone sudah menjadi kebutuhan pokok setiap individu. Selain memudahkan untuk berkomunikasi, berinteraksi dan berbagi kepada semua orang. Nah, sering kali kita menggunakan HP sampai lupa waktu dan bahkan sambil tiduran, baik itu bermain game ataupun berkomunikasi.

Ternyata, seringnya bermain HP sambil tiduran dapat membahayakan kesehatan tubuh. Banyak penyakit yang ditimbulkan oleh hal tersebut. Inilah bahayanya:

1. Insomnia
Biasanya kita bermain HP sambil tiduran itu di waktu malam hari. Nah, hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami insomnia atau sulit tidur. Dengan seringnya Anda bermain HP di malam hari, membuat tubuh Anda yang sudah kelelahan setelah beraktifitas terutama mata dipaksa berkerja ekstra. Hal inilah yang menyebabkan Anda mengalami insomnia ditambah kualiatas tidur yang buruk.

2. Kanker dan tumor
Efek lain yang disebabkan oleh seringnya menggunakan HP sambil tiduran adalah penyakit kanker. Hal ini seperti yang ditemukan oleh International Agency for Research on Cancer yang berada di bawah naungan WHO, serta studi yang dipublikasikan oleh Journal of Clinical Oncology pada tahun 2009. Intensitas kita menggunakan HP sambil tiduran terutama dengan pencahayaan yang minim dapat menyebabkan kanker mata.

Dengan seringnya kita terkena radiasi dari HP pun selain dapat menimbulkan kanker juga dapat menyebabkan kita terkena tumor otak. Radiasi dari ponsel mempengaruhi terbentuknya neoplasma dari regenerasi sel yang tidak wajar. Hal inilah yang menimbulkan tumor otak.

3. Kebutaan
Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, ternyata dengan seringnya kita menggunakan HP sambil tiduran dapat meningkatkan risiko Transient Smartphone Blindness. Transient Smartphone Blindness adalah sindrom yang berpotensi memicu mata tak dapat melihat dalam beberapa waktu yang diakibatkan karena penyesuaian cahaya dari mata sebelah kiri ke mata sebelah kanan, yang dapat menyebabkan mata minus sebelah.

Apabila kebiasaan tak mengunakan HP sambil tiduran ini tidak segera dihentikan, maka kemungkinan kebutaan permanen pun lebih besar. Gejala yang timbul bisa dilihat dari bagian mata kita yang tadinya putih lama-kelamaan menjadi memerah.

Memang sebaiknya sebelum tidur kita benar-benar melepaskan diri dari HP, setidaknya satu jam sebelumnya. Sudah seharusnya kita membiasakan diri untuk tidak tidur sambil membawa ponsel. (idntimes)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.