Jumat, 26 April 24

Awas! Ada Mata-mata di HP Anda

Awas! Ada Mata-mata di HP Anda

Apakah ada program mata-mata di dalam telepon pintar (HP) Anda?

Bagi kebanyakan orang, telepon genggam mereka adalah jendela ke dunia. Tetapi bagaimana jika alat itu adalah juga jendela ke kehidupan pribadi Anda?

Apakah Anda pernah mempertimbangkan kenyataan bahwa kemungkinan terdapat mata-mata di dalam saku Anda?

Bayangkan jika peretas dapat dari jauh menaruh program mata-mata ke telepon Anda yang memberikannya akses ke semua hal – termasuk pesan terenkripsi – dan bahkan memungkinkan mereka untuk mengontrol mikrofon dan kamera?

Ini adalah sesuatu yang akan terjadi dalam waktu dekat dan kami telah mengkaji sejumlah bukti kuat bagaimana perangkat lunak digunakan untuk melacak pekerjaan wartawan, aktivis, dan pengacara di dunia.

Tetapi siapa pelakunya dan mengapa? Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi kemungkinan program mata-mata di kantung Anda?

Perangkat lunak yang begitu kuat sehingga disamakan dengan senjata

Mike Murray adalah seorang ahli keamanan siber di Lookout, perusahaan berbasis di San Francisco, AS yang membantu pemerintah, bisnis dan konsumen dalam mengamankan telepon dan data mereka.

Kamera telepon seperti mata yang melihat semua hal di depannya. (BBC)

 

Dia menjelaskan cara kerja perangkat lunak mata-mata paling canggih yang pernah dikembangkan. Program yang begitu kuat sehingga digolongkan sebagai sebuah senjata dan hanya dijual kepada para pembeli dengan persyaratan yang sangat ketat. “Operator perangkat lunak dapat mengikuti Anda lewat GPS Anda,” kata Mike.

“Mereka dapat mengubah mikrofon dan kamera kapanpun dan merekam apapun yang terjadi di sekitar Anda. Program ini mencuri akses ke semua aplikasi media sosial Anda; mencuri semua foto Anda, kontak Anda, informasi jadwal Anda, email Anda, semua dokumen yang Anda miliki.”

“Sama saja dengan mengubah telepon Anda menjadi alat pendengar untuk mengikuti Anda — dan mencuri semua hal di dalamnya.”

Program mata-mata sudah ada selama bertahun-tahun, tetapi karenanya kita memasuki dunia yang sama sekali baru.

Perangkat lunak ini tidak mengambil data yang sedang dipindahkan, ketika hal tersebut biasanya sudah dienkripsi, tetapi ketika data masih di dalam telepon Anda, mengambil alih semua fungsi – dan teknologinya begitu maju sehingga hampir tidak mungkin dilacak.

Wartawan jadi sasaran
Pada bulan Oktober 2018, wartawan Jamal Khashoggi yang memasuki kedutaan besar Arab Saudi di Istanbul dan tidak pernah terlihat lagi, dibunuh sejumlah agen rezim Saudi.

Teman wartawan itu, Omar Abdulaziz, menemukan teleponnya diretas – yang dikatakannya – oleh pemerintah Saudi.

Omar meyakini peretasan ini berperan penting dalam pembunuhan mentornya. Mereka secara teratur berhubungan dan banyak membicarakan masalah politik dan proyek bersama.

Sejak lama pemerintah Saudi memiliki akses pada pembicaraan ini dan pertukaran dokumen antara mereka.

Respons Pemerintah Saudi adalah bahwa sementara terdapat perangkat lunak jahat yang beredar di telepon genggam, tidak ada bukti yang mengisyaratkan Arab Saudi berada di belakangnya.

Peretas di dekat kita
Pada bulan Mei 2019 terjadi pelanggaran keamanan penting pada messenger WhatsApp — aplikasi yang banyak digunakan orang untuk berhubungan dengan teman dan anggota keluarga setiap hari.

Jika Anda berpikir peretas hanya berarti seseorang dapat mendengarkan pembicaraan di WhatsApp, maka Anda harus berpikir ulang.

Aplikasi hanya jalan masuk ke perangkat lunak telepon: begitu terbuka, peretas dapat mengunduh banyak program mata-mata.

Penerimanya bahkan tidak perlu mengklik sebuah tautan — gawai diterobos hanya dengan menelpon dan kemudian memutus hubungan. Ini dikenal sebagai teknologi tanpa klik.

WhatsApp segera memperbaiki aplikasi untuk 1,5 miliar penggunanya tetapi tidak seorangpun mengetahui siapa di balik peretasan itu. Saat itu WhatsApp yang menjadi sasaran, tetapi apakah aplikasi lain akan menjadi sasaran berikutnya? Dan siapa pelakunya?

HP Huawei dipakai untuk memata-matai Amerika :

 

Cara mengatasi
Pengembang program mata-mata seperti ini memerlukan izin ekspor khusus — sama seperti kontrak keamanan. Perangkat lunak ini dijual dengan tujuan satu-satunya guna menghentikan aksi penjahat sangat berbahaya.

Tetapi Citizen Lab telah mengumpulkan data yang mereka yakini sebagai sejumlah pelanggaran yang dilakukan pemerintah, para klien mereka.

Jadi apakah pengembang perangkat lunak juga harus bertanggung jawab atas terjadinya berbagai pelanggaran ini?

Berbeda dengan senjata lain – seperti senapan – pengembang tetap aktif dalam memberikan pelayanan dan pemeliharaan program mata-mata setelah penjualan. Jadi apakah mereka juga bertanggung jawab ketika perangkat lunak disalahgunakan?

Pemain utama pasar penyadapan legal adalah perusahaan Israel, NSO Group. Kelompok ini sudah beroperasi selama hampir sepuluh tahun dan mendapatkan miliaran Rupiah setiap tahun.

Pesan atau email dari pengirim tak dikenal? Jangan pernah mengklik tautan. (BBC)

 

Pengacara Abdulaziz menuntut perusahaan itu ke pengadilan terkait dugaan peretasan telepon kliennya. Ini adalah suatu kejadian penting dan akan membantu memutuskan seperti apa peran perusahaan perangkat lunak begitu program dikirim.

NSO menolak permohonan wawancara, tetapi pernyataan perusahaan tersebut menyebutkan bahwa teknologi mereka memberikan badan pemerintah alat yang diperlukan untuk mencegah dan menyelidiki kejahatan serius, dan teknologi mereka telah menyelamatkan banyak nyawa. Sementara itu, pengacara mulai menerima telepon misterius lewat WhatsApp…

Kapan program mata-mata dapat disembunyikan?
Tujuan utama industri penyadapan legal adalah mengembangkan program mata-mata yang 100% tidak bisa dilacak.

Jika mereka berhasil melakukannya, tidak seorangpun dapat melaporkan penyalahgunaan karena tidak seorangpun dapat mengetahuinya: kita semua berada di tangan pada pengembang terkait dengan pertanyaan apakah mereka beroperasi sesuai hukum atau tidak.

Ini kemungkinan mirip film James Bond, tetapi memang ada kebenarannya di dunia nyata.

Ancamannya nyata dan ini adalah sesuatu yang kita semua harus ingat untuk menghadapi masa depan. (*/BBC)

Sumber: BBC Magazine

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.