Jumat, 2 Desember 22

Awal Pekan, Harga Minyak Mentah Jatuh Lagi

Awal Pekan, Harga Minyak Mentah Jatuh Lagi

Jakarta, Obsessionnews – Harga minyak mentah dunia kembali jatuh ke level paling rendah pada perdagangan Senin (17/8). Para pedagang memprediksi produksi minyak AS bakal tetap kuat dan menambah suplay pasokan.

Di London seperti dikabarkan AFP, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Oktober 2015, turun 45 sen menjadi 48,74 dollar AS perbarel di hari pertama perdagangan. Sementara minyak mentah Light Sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September berakhir 41,87 dollar AS perbarel.

Setelah berakhir turun pada pekan lalu untuk minggu ke tujuh berturut-turut, harga minyak dunia memulai perdagangan pada pekan ini dengan kerugian berlanjut. Dan ini, merupakan kemerosotan terpanjang sejak awal tahun 2015.

Sementara itu, kontrak WTI telah mencatatkan kehilangan keuntungan lebih dari 30% dalam dua bulan terakhir. Setelah data Baker Hughes pada Jumat lalu mengatakan kalau jumlah rig pengeboran minyak AS meningkat selama pekan lalu.

Menurut laporan Goldman Sachs, pasokan global saat ini berlebih dua juta barrel perhari. Para pedagang mengantisipasi banyaknya minyak mentah asal Iran yang bakal masuk ke pasar yang sudah kelebihan stok.

Menguatnya nilai tukar dollar AS membuat minyak mentah yang ditransaksikan dalam bentuk duit Paman Sam relatif lebih mahal. Akibatnya, permintaan cenderung berkurang. Data ekonomi dari Jepang pun ikut menyeret pasar untuk turun. Sebab PDB negeri matahari terbit itu menyusut secara tahunan sebesar 1,6% pada kuartal kedua 2015. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.