Rabu, 25 Mei 22

Awal 2021, Komoditas Pertanian Berlayar ke Pulau Sumatera

Awal 2021, Komoditas Pertanian Berlayar ke Pulau Sumatera
* pejabat Karantina Pertanian Cilegon menyertifikasi cabai merah sebanyak 4,5 ton asal Temanggung. (Foto: Hms Barantan).

Cilegon, Obsessionnews – Awal tahun 2021, operasional layanan Karantina Pertanian di Pelabuhan Penyeberangan Merak tetap berjalan normal. Kali ini pejabat Karantina Pertanian Cilegon telah menyertifikasi cabai merah sebanyak 4,5 ton asal Temanggung yang hendak dilalulintaskan ke Padang Sumatera Barat.

Menurut Arum, kesehatan produk pertanian seperti cabai di bawah pengawasan dan monitoring oleh pejabatan fungsional karantina tumbuhan, baik analis perkarantinaan tumbuhan maupun pemeriksa karantina tumbuhan. Sedangkan produk hewan dan turunannya di bawah pengawasan dokter hewan karantina dan paramedik karantina hewan.

“Sertifikasi karantina penting, baik hewan, tumbuhan maupun produk turunannya yang dilalulintaskan antarpulau harus dilaporkan. Kami pastikan kesehatan dan keamanannya sebelum diterbitkan dokumen karantina,” ujar Arum Kusnila Dewi Kepala Karantina Pertanian Cilegon, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (02/01).

Selain cabai merah, Karantina Pertanian Cilegon juga telah menyertifikasi cabai rawit, cabai merah, salak, daging kerbau, daging sapi olahan, daging ayam beku dan lainnya. “Ada delapan sertifikat domestik keluar untuk karantina tumbuhan dan tiga sertifikat domestik masuk serta dua puluh sertifikasi domestik keluar untuk karantina hewan,” pungkas Arum. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.