Minggu, 5 Desember 21

Atasi Gejolak Harga Pangan, 4 Menteri Ekonomi Rakor

Atasi Gejolak Harga Pangan, 4 Menteri Ekonomi Rakor

Jakarta, Obsessionnews – Sejumlah menteri bidang ekonomi melakukan rapat koordinasi membahas distribusi pangan nasional di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Jumat (10/6/2016).

Ada empat menteri yang hadir yakni Menkop UKM AAGN Puspayoga, Mendag Thomas Lembong, Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Sedangkan peserta Rakor berasal dari berbagai pihak, koperasi, pelaku usaha, perusahaan distributor pangan, KPK, Kejaksaan, Polri serta pejabat eselon 1 pada empat kementerian yang hadir.

Rapat yang dimulai pukul 10.00 WIB itu guna menstabilkan harga pangan baik sebelum dan sesudah bulan suci Ramadhan. Tim ekonomi ini juga akan mencari solusi dari gejolak harga yang terjadi belakangan ini.

“Atas arahan Presiden Jokowi kita diminta stabilkan harga selama dan sedah Ramadhan,” ujar Mentan Amran Sulaiman saat membuka Rakor.

Untuk mengatasi gejolak harga, Mendag Thomas Lembong memandang perlu meningkatkan koordinasi lintas K/L. Ia berharap Rakor ini mampu menghasilkan sebuah kesepakatan kerja yang soluktif.

Menkop UKM AAGN Puspayoga mengajak kerja sama lintas K/L untuk sama-sama mengatasi kejolak harga pangan dengan membangun sistem stabilisasi jangka pendek dan panjang.

“Kita harus bergandengan tangan dalam menghadapi situasi harga pangan yang tidak stabil ini. Bangun sistem untuk stabilisasi jangka pendek dan jangka panjang,” papar Puspayoga.

Ia menambahkan koperasi binaannya terutama yang sudah berpengalaman akan didorong untuk ikut berperan. Dari aspek kesiapan, koperasi pasar dianggap patut untuk itu.

“Koperasi pasar yang sudah berpengalaman tinggal memanfaatkan untuk menstabilkan harga pangan ini. Koperasi pasar siap untuk itu,” jelasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.