Jumat, 25 September 20

Asrorun Ajak Pemuda Lawan Terorisme dan Radikalisme

Asrorun Ajak Pemuda Lawan Terorisme dan Radikalisme
* Acara diskusi "Saatnya Pemuda Bangkit Melawan Radikalisme" di Media Center Kemenpora, Jakarta, Selasa (22/5/2018). (foto: Istimewa)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Forum Pimpinan Kepemudaan telah menggelar diskusi Pemuda Mengkaji dengan tema “Saatnya Pemuda Bangkit Melawan Radikalisme” yang dilaksanakan di Media Center Kemenpora, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam Sholeh mengajak pemuda Indonesia khususnya mahasiswa untuk memperdalam ilmu agamanya. Hal itu dilakukan agar pemuda dapat bangkit melawan terorisme dan radikalisme.

“Salah satu caranya dengan memperkuat pemahaman keagamaan moderat di kalangan pemuda dan mahasiswa,” ujar Asrorun dalam keterangan tertulisnya yang diterima Obsessionnews.com, Rabu (23/5).

Menurutnya, mahasiswa perlu dibidik, mengingat mereka yang mudah terkena paham radikal cukup banyak akibat kondisi yang labil dan sedang mencari jati diri.

Berdasarkan data yang dihimpun pada 2016 dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), pelaku tindak terorisme 16,4 persen di antaranya berlatar belakang mahasiswa.”Ini usia kita banget dan jadi PR kita bersama,” kata Asrorun.

Karena mahasiswa rentan terkena paham radikal. Mereka yang haus masalah keagamaan, rentan salah cari teman dan guru untuk menimba ilmu. Jika mendapat guru yang salah selama membimbingnya, itu bisa berbahaya lantaran dari situlah doktrin radikalisme bersemai.

Untuk itu, pendekatan penanganan kasus terorisme terhadap usia muda tidak cukup dengan pendekatan punitif, penghukuman atau pembalasan. “Tapi bagaimana langkah restoratif dan pemulihan, penyadaran dilakukan,” tegasnya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.