Senin, 19 Agustus 19

Asosiasi S&T Kereta Api Dunia Dirikan IRSE Chapter Indonesia

Asosiasi S&T  Kereta Api Dunia  Dirikan IRSE Chapter Indonesia
A.Rapiudin
Jakarta– Asosiasi profesi Signal & Telecommunication (S&T) Kereta Api dunia, Institution of Railway Signal Engineer (IRSE) meresmikan berdirinya IRSE chapter Indonesia hari ini. Dengan berdirinya IRSE chapter Indonesia, engineer S&T akan mempunyai wadah profesi dan lebih fokus mengembangkan kompetensi S&T perkeretaapian pada konteks Indonesia dan diakui oleh komunitas profesi S&T dunia.
Chairman IRSE Indonesia, Adi Sufiadi Yusuf mengatakan, kehadiran IRSE chapter Indonesia memiliki arti penting dalam pengembangan kompetensi dan profesionalitas  SDM Indonesia yang bergerak  di bidang sinyal dan telekomunikasi kereta api.
“Dengan IRSE chapter Indonesia maka sertifikasi profesi, materi pelatihan dan ujian profesi akan mencakup  perkeretaapian nasional Indonesia, disamping pengetahuan standar-standar perkeretaapian di negara lain yang terdapat IRSE section lokal negaranya,” ujar Adi disela-sela peresmian IRSE chapter Indonesia di Jakarta, Kamis (4/4).
Terkait sistem transportasi massa  di Indonesia, Adi mengatakan, dengan melihat keterbatasan pengembangan transportasi jalan raya, terutama di perkotaan tidak dapat dihindari sarana transportasi massa menjadi kebutuhan vital agar roda perekonomian tetap berjalan. Selain itu, pembangunan sistem transportasi massa adalah padat modal sehingga perlu skema pendanaan pemerintah dan swasta untuk dapat memenuhi kebutuhan transportasi massa tersebut.
Adi menambahkan, percepatan pembangunan transportasi massa ini harus diimbangi dengan ketersediaan SDM yang memadai dari jumlah dan kualifikasinya saat ini masih kurang. IRSE Indonesia, perguruan tinggi, lembaga pendidikan, dan lainnya harus bersinergi untuk mencetak tenaga-tenaga ahli persinyalan dan telekomunikasi untuk mendukung pembangunan sistem transportasi massa tersebut.
“Penggunaan tenaga ahli dari luar negeri akan menjadikan pembangunan high cost dan tidak efisien,” katanya. (rud)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.