Jumat, 19 April 24

Asian Games ke-18 akan Gunakan Teknologi 4.5G

Asian Games ke-18 akan Gunakan Teknologi 4.5G

Hangzhou, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi di hari ketiga berada di Tiongkok, berkunjung ke kantor Research and Development Huawei di Hangzhou. Tiba di kantor Huawei, Presiden disambut oleh Pimpinan Huawei Technologies Sun Yafang dan jajaran pimpinan Huawei lainnya.

Dalam kunjungan ini, Presiden didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

“Tiga hal yang dibahas dalam pertemuan itu, yakni masalah Asian Games, kerjasama untuk pelatihan bidang pelatihan vokasional di R&D Huawei dan smart city,” ujar Menlu Retno kepada wartawan usai pertemuan tersebut, Minggu (4/9/2016).

Untuk pembahasan tentang kerjasama Asian Games yang akan dilaksanakan di Indonesia pada tahun 2018, Indonesia berharap teknologi 4.5G dapat diimplementasikan di Jakarta dan Palembang.

“Untuk detilnya, Pak Rudi (menkominfo) akan membahasnya besok di Kantor Pusat Huawei di Shenzhen,” imbuh Retno.

Retno juga memberikan gambaran betapa kuatnya Huawei dalam research and development (penelitian dan pengembangan) dimana dari 17 ribu pegawai yang dimiliki Huawei yang tersebar di 179 negara, 79 ribu pegawainya terkait dengan penelitian dan pengembangan.

“Dari persentase pegawainya, Huawei ini sangat kuat di reseach and development-nya,” ucap Retno.

Oleh karena itu, kata Retno, bila kita berbicara tentang G20 terkait dengan tiga pilar, yakni inovasi, revolusi industri baru dan ekonomi digital. Dari semua tiga pilar ini ada satu roh harus diperkuat yaitu research and development.

Untuk itulah di dalam pertemuan itu, pemerintah Indonesia ingin perkuat kerjasama dengan Huawei di bidang research and development. Tujuannya agar anak-anak Indonesia yang memiliki talenta yang tinggi, dapat memiliki kesempatan dididik di R&D.

Kerjasama lainnya yang akan dikembangkan dengan Huawei adalah penguatan smart city. Karena sebelumnya, Bandung sudah kerjasama dengan Huawei untuk Safe City. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.