Sabtu, 29 Januari 22

Asian Games 2018 Goes to School, Tularkan Demam Olahraga

Asian Games 2018 Goes to School, Tularkan Demam Olahraga
* Asian Games Goes to School sambangi sekolah di Palembang. (Dok: Twitter @Kemenpar_RI)

Palembang, Obsessionnews.com – Tak lama lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang olahraga bergengsi Asian Games 2018 di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Berbagai persiapan hingga kini terus dibenahi. Tak lupa, ajang promosi pun terus digencarkan.

Asian Games Goes to School Akan Sambangi 7 Sekolah di Palembang,” Tweet akun @Kemenpar_RI, Rabu (9/5/2018)

Untuk membuat masyarakat Indonesia demam Asian Games, para panitia pelaksana Asian Games, INASGOC berkeliling ke beberapa sekolah di Palembang. Mulai dari tingkat SD hingga SMP. Hari pertama promosi berlangsung di SMP Negeri I Palembang.

Acara ini dipimpin staf khusus Ketua Umum INASGOC Nirmala Dewi, bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel Akhmad Yusuf Wibowo. Di sekolah yang terletak di kawasan Talang Semut tersebut, tim INASGOC melakukan sosialisasi. Tiga maskot Asian Games XVIII tak lupa dibawa. Yaitu Bhin-bhin, Atung, dan Kaka.

Menariknya, dilakukan di layar mobil Asian Games. Kontennya mengenai pengertian Asian Games, maskot Asian Games.

Tak hanya itu, dilakukan juga pertandingan bola basket 3 on 3, lomba memasukan bola ke ring basket, lomba memasukan bola ke lubang. Hadiahnya adalah kaos gratis.

“Jadi ini dalam rangka kegiatan Asian Games. Kegiatan ini dilakukan serentak di Palembang dan Jakarta. Lokasinya dibeberapa SMP dan SD. Ini dalam rangka sosialisasi Asia Games, tak hanya untuk kalangan dewasa tapi juga anak-anak,” kata Nirmala Dewi hari ini.

“Mereka sangat antusias, tadi sudah ada penampilan tarian, bermain alat musik, 3 on 3, flashmob, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel Darmansa menjelaskan, kegiatan serupa juga berlangsung di Jakarta.

Menurutnya, Asian Games selain harus diketahui oleh orang dewasa juga layak dipahami oleh anak seusia sekolah. Untuk itu, Asian Games Goes to School di Palembang akan sambangi tujuh sekolah SD dan SMP di Palembang. Tepatnya pada 7-11 Mei 2018.

”Setelah dari SMPN 1, dilanjutkan ke SD Bina Ilmi, SDN 109, SDN 01, SDN 149, SDN 195 dan SMP N 52. Melalui ‘Asian Games Goes to School’, kita ingin di Sumsel dan Indonesia ada demam Asian Games seperti yang diinginkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin,” katanya.

Sementara Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan, selain untuk mengajak anak Indonesia terlibat dalam Asian Games, kegiatan ini juga bertujuan menanamkan nilai-nilai olahraga kepada anak-anak Indonesia. Terdapat banyak nilai positif dari olahraga, diantaranya olahraga dapat membentuk karakter calon pemimpin.

“Olahraga merupakan bagian yang esensial dari pendidikan. Sebab, pendidikan menumbuhkan bukan hanya aspek intelektual, melainkan juga fisik, sosial, dan emosional. Olahraga mengajarkan kekuatan jasmani, tetapi juga sportivitas, kerja sama, kepercayaan diri, menetapkan target, dan strategi yang semuanya bisa dimanfaatkan optimal untuk perkembangan anak secara utuh,” ujarnya.

Menpar Arief Yahya mengatakan, seluruh kementerian dan lembaga akan memadukan promosi Asian Games secara selaras. Hal ini diharapkan bisa membuat promosi kian masif.

Rencananya, promosi besar-besaran Asian Games akan dimulai pada 10 Mei 2018. Tanggal itu dipilih karena tepat 100 hari jelang gelaran pesta olahraga negara se-Asia itu digelar pada 18 Agustus 2018.

“Lalu yang kedua tanggal 13 Mei 2018 ada parade. Walhasil kami menyatakan sudah siap dengan promosi untuk Asian Games 2018,” tukasnya. (Popi)

 

Baca juga:

Menteri Puspayoga Sebut Asian Games Bakal Jadi Pasar Produk UKM

Menpar Minta GenPI Viralkan Asian Games 2018

Polda Metro Tempatkan Anggotanya di Setiap Venue Asian Games 2018

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.