Jumat, 17 September 21

Aset Industri IKNB Jauh Dibanding Industri Perbankan

Aset Industri IKNB Jauh Dibanding Industri Perbankan
* Gubernur Jatim Soekarwo saat paparan kebijakan keuangan pro rakyat kecil di Gedung Bank Indonesia, Jl. Pahlawan, Surabaya beberapa waktu lalu. (Obsessionnews.com/Ari Armadianto)

Surabaya, Obsessionnews – Total aset Industri Keuangan Non Bank (IKNB) sebesar Rp1.504,09 triliun. Masih minim dibanding industri dengan perbankan dan pasar modal.

Total aset perbankan mencapai Rp5.705,02 triliun, dan industri pasar modal sebesar Rp6.608,98

Dana tersebut terhimpun dari industri asuransi, dana pensiun, lembaga pembiayaan, lembaga jasa keuangan lainnya dan industri jasa penunjang IKNB.

Kepala Bagian Direktorat Pengaturan, Penelitian dan Pengembangan IKNB, Dinar Sukmasari, mengatakan peran IKNB dalam perekonomian nasional bisa membantu mengumpulkan dan menyalurkan dana masyarakat.

“Misalnya dengan asuransi atau dana pensiun,” kata Dinar, Rabu (13/5/2015).

Selain itu, lanjut Dinar, IKNB bisa menyediakan kebutuhan financial masyarakat antara lain, perlindungan terhadap resiko, dana pensiun, pembiayaan atau pendanaan serta penjaminan.

“Tapi total aset Industri IKNB yang masih jauh dari industri perbankan menunjukkan beberapa tantangan disektor IKNB,” ungkapnya.

Tak banyak masyarakat yang mengenal IKNB. Dalam pertumbuhan ekonomi nasional, peran IKNB bisa membantu mengumpulkan dan menyalurkan dana masyarakat, seperti asuransi atau dana pensiun.

“Selain itu, sebaran nasabah IKNB masih terpusat di daerah perkotaan. Serta kebutuhan sumber daya manusia yang professional saat ini belum sepenuhnya terpenuhi,” jelas Dinar.

Ia menambahkan, infrastruktur yang harusnya bisa menjadi penunjang juga masih terbatas. Lebih lanjut Dinar mengatakan, tantangan industri IKNB itu juga dihadapi oleh OJK.

“Tak hanya itu, sistem pengawasan yang lebih efektif dan efisien, juga perlu, ini yang diperlukan OJK dalam mengembangkan industri IKNB,” paparnya. (GA Semeru)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.