Jumat, 19 April 24

Asep Minta Kapal Milik KKP Dipersenjatai

Asep Minta Kapal Milik KKP Dipersenjatai

Jakarta, Obsessionnews – Sudah 106 kapal asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia ditenggelamkan selama setahun kepemimpinan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Aksi ini, dilakukan dengan menggandeng Polisi Air serta TNI Angkatan Laut.

Dari 106 tersebut, pada Sabtu pekan ini bakal bertambah enam kapal pencuri ikan lagi yang bakal ditenggelamkan demi memberantas pencurian ikan.

“Enam kapal lagi dari Batam akan ditenggelamkan. Semuanya dari negara tetangga,” kata Dirjen PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikananan (KKP), Asep Burhanuddin, dalam Paparan Kinerja KKP di Kantor KKP, Jakarta, Jumat (30/10).

Disaksikan Menteri Susi yang hadir pada paparan kinerja tersebut, Asep berharap agar Susi mau mengupayakan proses penenggelaman kapal dalam rapat kabinet supaya penegakan hukum terkait pencurian ikan makin dipertegas.

“Ini saran, saya ingin proses penenggelaman kapal dipercepat,” sebut Asep.

Asep juga meminta agar kapal-kapal pengawas yang dimiliki KKP dilengkapi persenjataan guna menenggelamkan kapal pencuri. Dan soal ini pun, dia meminta agar bisa dibawa ke rapat kabinet. Sebab menurut Dirjen PSDKP ini, kalau usulan ini dapat direalisasikan niscaya banyak sumber daya kelautan Indonesia yang bisa diselamatkan.

Asep memaparkan informasi, dalam setahun terakhir enam kapal Malaysia, 34 asal Filipina, 1 kapal RRC, 21 dari Thailand, 33 Vietnam, serta 2 kapal asal Papua NG sudah ditenggelamkan dengan cara diledakkan. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.