Senin, 25 Oktober 21

ASEAN Cemaskan Militerisasi di Laut Cina Selatan

ASEAN Cemaskan Militerisasi di Laut Cina Selatan

Laos – Kementerian luar negeri negara-negara anggota ASEAN menyampaikan kekhawatiran terkait semakin meningkatnya ketegangan di Laut Cina Selatan.

Kantor berita Kyodo (27/2) melaporkan, Kemenlu negara-negara ASEAN, Sabtu (27/2) dalam pernyataannya, dengan tidak secara langsung menyebut nama Cina, mencemaskan militerisasi Laut Cina Selatan.

Kemenlu negara-negara ASEAN juga mendesak upaya untuk mengurangi ketegangan di Laut Cina Selatan dan mengajak negara-negara kawasan untuk mematuhi aturan internasional guna menyelesaikan konflik di wilayah ini.

Cina terlibat konflik sengketa wilayah sebagian Laut Cina Selatan dengan Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei dan Taiwan.

Menurut ASEAN, transportasi lebih dari setengah produk minyak dunia lewat Laut Cina Selatan, sebagai faktor yang meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Pertemuan Kemenlu negara-negara anggota ASEAN, Sabtu (27/2), digelar di ibukota Laos, untuk membahas dan bertukar pikiran tentang perkembangan regional.

Penguatan perdamaian dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara dan solidaritas ekonomi kawasan, merupakan tema terpenting pertemuan ASEAN kali ini. (irib.ir)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.