Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

ASDP Gencar Dukung Pariwisata Indonesia

ASDP Gencar Dukung Pariwisata Indonesia
* PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) tahun 2019 akan gencar melakukan ekspansi untuk merambah sektor pariwisata. (Foto: Kemenpar/Facebook)

Jakarta, Obsessionnews.com  – Pariwisata salah satu primadona Indonesia untuk mendulang devisa. Pemerintah semakin gencar membujuk para wisatawan mancanegara agar mengunjungi berbagai objek wisata di Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan 20 juta wisman pada 2019.

Untuk mencapai target tersebut pemerintah meningkatkan berbagai infrastruktur, agar wisman merasa nyaman berliburan di Indonesia.

Salah satu badan usaha milik negara (BUMN) yang semakin serius mendukung pariwisata adalah PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero). Tahun ini ASDP  akan gencar melakukan ekspansi untuk merambah sektor pariwisata. Hal ini dilakukan untuk melakukan percepatan dalam mencapai visi perusahaan. ASDP menjadi yang terdepan dalam jasa pelabuhan dan angkutan penyeberangan di tanah air.

Direktur Utama ASDP Ira Puspa mengatakan, sektor pariwisata menyimpan banyak potensi. Pasalnya, masih banyak daerah wisata yang belum terjamah oleh transportasi.

“Karenanya di awal tahun 2019 ASDP tidak hanya mendorong konektivitas antar pulau, tetapi juga memperkuat sektor logistik. Serta mampu mendorong pengembangan pariwisata dan perekonomian masyarakat setempat,” tutur Ira, Rabu (16/1/2019).

Salah satu yang akan menjadi fokus ialah pengembangan dermaga eksekutif Merak di Banten dan Bakauheni di Lampung. Dermaga ini sudah beroperasi sejak Desember lalu. Uji coba dilakukan pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru lalu. Namun baru akan lebih didorong secara maksimal pada tahun ini.

Ira mengungkapkan, ASDP akan mengembangkan satu dermaga baru lagi pada 2019 agar lebih banyak lagi kapal yang bersandar. Rencanannya pengembangan dermaga baru ini sudah bisa digunakan pada musim Lebaran 2019.

“Tahun ini ada sepasang dermaga baru di Merak Insya Allah Lebaran sudah jadi,” tandas Ira.

Selain itu, proyek Labuan Bajo Marina, Nusa Tenggara Timur,  juga akan dikebut. ASDP menargetkan dapat segera merampungkan dan mengoperasionalkan area komersial pada Maret 2019. Setelah itu diikuti oleh pengoperasian hotel pada Juni, dan proyek marina pada September.

“Pariwisata itu yang sedang kita lakukan menciptakan destinasi baru. Jadi bukan cuma menyebrang ada hotelnya, ada belanjanya juga bisa satu paket,” katanya

ASDP mencatat selama 2018 sudah melayani sekitar 7.126.250 penumpang. Angka ini naik 4,2% dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu yang hanya 6.838.804 penumpang.

Di sisi lain perseroan juga berhasil melayani 6,46 juta kendaraan untuk menyebrang. Sementara untuk jumlah barang yang diantar untuk menyebrang mencapai 882 ribu ton barang.

“Tahun ini kami juga menargetkan dapat melakukan penambahan kapal sebanyak 9 unit, dan peningkatan load factor 53%, serta market share 15% di lintasan komersial. Tidak lupa juga dalam mendukung digitalisasi tiket, kami akan memperluas penjualan tiket melalui channel distribusi online sehingga pengguna jasa akan semakin dimudahkan dalam pembelian tiket ferry,” pungkasnya.

Makin seriusnya ASDP terjun memperkuat pariwisata mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata Arief Yahya. Melalui keterangan tertulisnya, Jumat (18/1), Arief mengatakan, langkah ini membuktikan kuatnya semangat Indonesia Incorporated untuk membangun sektor pariwisata Indonesia. Terlebih sektor ini telah ditetapkan sebagai ekonomi inti bangsa oleh Presiden Jokowi.

“Spirit Indonesia Incorporated. Spirit menjadikan pariwisata leading sektor perekonomian Indonesia. Ini inline dengan spirit Presiden Joko Widodo. Pariwisata adalah DNA Indonesia. Pariwisata akan menjadi sektor penghasil devisa terbesar Indonesia. Itu jelas karena pariwisata kita tumbuh 3 kali lipat dari pertumbuhan pariwisata dunia,” ujar Arief. (arh)

 

Baca juga:

Terpilih Sebagai Negara Teraman ke-9 di Dunia, Pariwisata Indonesia Makin Cerah

Kemenpar Siapkan Strategi Recovery Pariwisata di Selat Sunda

Kembangkan Pariwisata Toraja, Pemerintah Bangun Bandara Buntu Kunik

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.