Senin, 28 September 20

Asap Pabrik Siksa Ribuan Warga

Asap Pabrik Siksa Ribuan Warga
* Ilustrasi pencemaran udara akibat asap pabrik.

Meureudu, Obsessionnews –  Selama 10 tahun terakhir ribuan warga di dua Desa Babah Krueng dan Pulo Tunong Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya, Nangroe Aceh Darussalam, tersiksa oleh pencemaran debu dan asap pabrik kilang padi yang berada di Desa Pulo Tunong.

Warga merasa kenyamannya terganggu akibat asap dan debu sisa pembakaran dari pabrik kilang padi (PTN) yang berada di perbatasan kedua desa, kata  Ketua Desa Babah Krueng, Tgk Ilyas MY, saat diwawancarai Selasa (26/4/2016).

“Sebenarnya, perangkat kedua gampong (desa) telah duduk dan sepakat dengan pihak pengelola kilang padi (pabrik) untuk menetralisir dampak pencemaran debu dan asap, dengan membuat tempat berupa boks. Tapi tetap saja tak maksimal, sehingga imbas pencemaran debu dan asap masih saja berlanjut hingga saat ini,” katanya.

Pabrik kilang padi ini telah berdiri sejak 20 tahun lalu. Mmasyarakat sekitar enggan mematikan usaha milik orang lain. Akan tetapi, mereka  menginginkan adanya peran pemerintah untuk turun tangan agar dapat mengatasi keluhan akibat dampak pencemaran udara. (Ulfa Gusti, @ulfagusti)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.