Selasa, 29 September 20

Asal Mula Kalender Islam

Asal Mula Kalender Islam

Jakarta, Obsessionnews.com – Umat muslim dunia pada Kamis (21/9/2017) akan merayakan Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah. Hari tersebut juga dikenal dengan istilah kalender Islam.

Tahun Baru Islam merupakan sejarah penting bagi umat islam karena pada hari tersebut Nabi Muhammad SAW hijrah dari Kota Mekah ke Madinah 

Semasa Nabi Muhammad hidup, kalender islam ini belum diberlakukan. Kalender HIjriyah ini mulai diterapkan pada zaman  Khalifah Arrasyidin kedua yaitu Umar bin Khatab radhiyallahu’anhu.

Ditetapkannya kalender Hijriyah ini melalui beberapa proses. Ada yang menyarankan dimulai ketika kelahiran Nabi Muhammad,  hari Rasulullah diangkat sebagai nabi dan rasul dan hijrah Nabi SAW.

Sebelum penanggalan hijriyah ditetapkan, masyarakat Arab dahulu menjadikan peristiwa-peristiwa besar sebagai acuan tahun. Misalnya, Tahun renovasi Ka’bah, karena pada tahun tersebut, Ka’bah direnovasi ulang akibat banjir.

Tahun fijar, karena saat itu terjadi perang fijar. Tahun fiil (gajah), karena saat itu terjadi penyerbuan Ka’bah oleh pasukan bergajah. Terkadang mereka juga menggunakan tahun kematian seorang tokoh sebagai patokan, misal 7 tahun sepeninggal Ka’ab bin Luai. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.