Kamis, 25 April 24

AS Tuntut Mantan Karyawan Apple karena Coba Curi Teknologi, Kabur Ke China

AS Tuntut Mantan Karyawan Apple karena Coba Curi Teknologi, Kabur Ke China
* Ilustrasi logo perusahaan teknologi Apple. (RTR/ABC)

Amerika Serikat (AS) menuntut mantan karyawan Apple karena mencoba mencuri teknologi, dan melarikan diri ke China, dilansir CNN, Rabu (17/5/2023).

AS pada hari Selasa mengumumkan dakwaan dalam lima kasus yang melibatkan dugaan upaya mencuri teknologi untuk menguntungkan China, Rusia dan Iran termasuk mantan insinyur Apple Inc. yang dituduh menargetkan teknologi perusahaan pada sistem otonom, termasuk mobil self-driving, dan kemudian melarikan diri ke Cina.

Kasus-kasus yang dirinci pada konferensi pers Departemen Kehakiman berpusat pada tuduhan tentang pencurian rahasia dagang dan teknologi lainnya. Dua dari kasus tersebut melibatkan apa yang oleh para pejabat AS disebut sebagai jaringan pengadaan yang dibuat untuk membantu dinas militer dan intelijen Rusia mendapatkan teknologi sensitif.

Kelima kasus tersebut adalah yang pertama diumumkan oleh “pasukan penyerang” AS yang dibentuk pada bulan Februari sebagian untuk melindungi teknologi sensitif, meskipun penyelidikan dimulai sebelum dibuat.

“Kami berdiri waspada dalam menegakkan undang-undang AS untuk menghentikan aliran teknologi sensitif ke musuh asing kami,” kata Matt Olsen, kepala Divisi Keamanan Nasional Departemen Kehakiman, kepada wartawan. “Kami berkomitmen untuk melakukan semua yang kami bisa untuk mencegah alat canggih ini jatuh ke tangan musuh asing.”

Mantan insinyur Apple, yang diidentifikasi sebagai Weibao Wang berusia 35 tahun, sebelumnya tinggal di Mountain View, California, dan dipekerjakan oleh Apple pada tahun 2016, menurut dakwaan April yang dibuka pada hari Selasa.

Pada 2017, dia menerima pekerjaan yang berbasis di AS dengan sebuah perusahaan China yang bekerja untuk mengembangkan mobil tanpa pengemudi sebelum mengundurkan diri dari Apple, tetapi menunggu sekitar empat bulan sebelum memberitahu Apple tentang pekerjaan barunya, menurut dakwaan.

Setelah hari terakhirnya di Apple, perusahaan menemukan bahwa dia telah mengakses data hak milik dalam jumlah besar pada hari-hari sebelum kepergiannya, kata Departemen Kehakiman.

Agen federal menggeledah rumahnya pada Juni 2018 dan menemukan sejumlah besar data dari Apple, tambahnya. Tak lama setelah pencarian, dia naik pesawat ke China, kata departemen itu.

Upaya otomotif Apple, yang dikenal sebagai Project Titan, berjalan tidak merata sejak 2014, ketika perusahaan mulai merancang kendaraan dari nol. Sebuah laporan Desember mengatakan Apple telah menunda peluncuran mobil yang direncanakan hingga 2026.

Laporan yang diajukan ke negara bagian California menunjukkan Apple sedang menguji kendaraan di jalan negara bagian.

Apple menolak mengomentari kasus tersebut.

Dalam kasus kedua terkait China, jaksa penuntut AS mengumumkan dakwaan terhadap Liming Li, 64, dari Rancho Cucamonga, California, karena diduga mencuri rahasia dagang dari majikannya yang berbasis di California untuk membangun bisnis pesaingnya sendiri di China.

Jaksa penuntut di New York mendakwa Nikolaos “Nikos” Bogonikolos, 49, dari Yunani dengan penyelundupan teknologi militer asal AS ke Rusia saat dia beroperasi sebagai kontraktor pertahanan untuk NATO.

Warga negara Rusia Oleg Sergeyevich Patsulya dan Vasilii Sergeevich Besedin masing-masing didakwa di Arizona karena diduga menggunakan perusahaan mereka yang berbasis di Florida untuk mengirim suku cadang pesawat ke perusahaan penerbangan Rusia, sementara Departemen Perdagangan dalam tindakan paralel menangguhkan hak ekspor mereka.

Selain itu, jaksa di New York mengumumkan dakwaan terhadap Xiangjiang Qiao, juga dikenal sebagai Joe Hansen, 39, karena diduga menggunakan perusahaan China yang menjadi sasaran sanksi Amerika untuk menyediakan bahan yang digunakan dalam produksi senjata pemusnah massal ke Iran.

Qiao dan Wang masih buron di China, sementara empat terdakwa lainnya ditangkap, kata pejabat AS.

Pengacara Patsulya dan Besedin, yang ditangkap pada 11 Mei, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Seorang pengacara Li tidak segera menanggapi permintaan komentar. Reuters tidak dapat menentukan siapa yang mewakili Bogonikolos.

Serikat pada hari Selasa mengumumkan dakwaan dalam lima kasus yang melibatkan dugaan upaya mencuri teknologi untuk menguntungkan China, Rusia dan Iran termasuk mantan insinyur Apple Inc. yang dituduh menargetkan teknologi perusahaan pada sistem otonom, termasuk mobil self-driving, dan kemudian melarikan diri ke Cina. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.