Sabtu, 21 Mei 22

AS Lakukan Reformasi IMF

AS Lakukan Reformasi IMF

Jakarta, Obsessionnews – Selama ini setiap keputusan yang diambil International Monetary Fund (IMF) didominasi oleh Amerika Serikat (AS), Jepang dan negara-negara Eropa. Tapi kini, senat AS meratifikasi reformasi di tubuh IMF agar lebih mencerminkan kondisi ekonomi global.

Reformasi tersebut, bakal memberi ruang bagi negara seperti Cina, India, Brazil dan Rusia dalam mengambil keputusan di lembaga tersebut.

Kebijakan ini, sebenarnya sudah ditetapkan sejak tahun 2010 lalu. Namun, baru kali ini AS meratifikasinya. Di bawah legislasi baru ini, suara Cina bakal meningkat dari 3,8 persen menjadi 6 persen.

Tiongkok pun menyambut baik kebijakan tersebut. Maklum, negeri ini juga akan menjadi pemegang saham terbesar ketiga di IMF.

Seperti dilansir Reuters, Bank Sentral Cina mengatakan kalau rencana reformasi ini akan meningkatkan keterwakilan suara dari pasar yang sedang tumbuh dan negara-negara berkembang, serta kondusif untuk melindungi kredibilitas, legitimasi termasuk efektivitas IMF.

Sejak IMF didirikan sesaat pasca perang dunia kedua, reformasi ini adalah yang terbesar di akhir tahun ini. (Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.