Senin, 30 Januari 23

AS Khawatir Raibnya Petenis Top Dunia yang Dipaksa Seks Eks Wakil PM China

AS Khawatir Raibnya Petenis Top Dunia yang Dipaksa Seks Eks Wakil PM China
* Peng Shuai, petenis top dunia. (Getty/BBC)

Amerika Serikat (AS) menyatakan “sangat khawatir” terhadap bintang tenis China top dunia, Peng Shuai, yang belum diketahui keberadaannya sejak ia menuduh seorang pejabat tinggi Partai Komunis China melakukan pelecehan seksual.

Gedung Putih mendesak China untuk “memberikan bukti yang independen dan dapat diverifikasi” mengenai keberadaan Peng dan keamanannya setelah dipaksa berhubungan seks oleh eks wakil Perdana Menteri (PM) China Zhang Gaoli.

Petenis perempuan berusia 35 tahun dan pemegang dua gelar juara Grand Slam itu, dua pekan lalu menuduh mantan wakil perdana menteri China, Zhang Gaoli, melakukan kekerasan seksual.

Asosiasi Tenis Perempuan (WTA) telah mengancam untuk membatalkan turnamen-turnamen di China sampai ada bukti bahwa Peng dalam keadaan aman.

“Kami tidak bisa menerima kompromi. Ini persoalan benar dan salah,” kata Ketua WTA Steve Simon.

WTA telah diberi tahu bahwa Peng baik-baik saja, dan berada di Beijing, oleh Asosiasi Tenis China, meskipun Simon mengatakan belum ada konfirmasi bahwa kabar itu benar.

Dalam perkembangan terpisah pada Jumat (19/11/2021), tiga foto Peng diunggah ke sebuah akun WeChat dengan namanya beserta tulisan “Selamat berakhir pekan”.

Namun, keaslian kiriman tersebut dipertanyakan oleh analis media BBC Kerry Allen:

Awal pekan ini, media pemerintah China merilis sebuah email yang diatribusikan pada Peng, namun Ketua WTA Steve Simon meragukan keasliannya.

Mantan pemain ganda nomor satu dunia itu belum pernah terlihat di hadapan publik, sejak mengunggah tuduhan terhadap mantan Wakil PM Zhang Gaoli di media sosial China Weibo pada tanggal 2 November.

Ia mengklaim bahwa dirinya “dipaksa” berhubungan seks dengan Zhang – yang menjabat wakil perdana menteri China antara 2013 dan 2018.

Unggahan itu dihapus beberapa menit kemudian, bersama beberapa unggahan terbaru lainnya dari akun tersebut, yang punya lebih dari 500.000 pengikut.

Sejak itu, para pesohor dari dunia tenis telah bersuara tentang hilangnya Peng. (Red)

Sumber: BBC News

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.